IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN CASE METHOD MELALUI OBSERVASI-INVESTIGASI SEBAGAI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIALOGIKA DI FORUM KELAS

Authors

  • Eddy Pahar Harahap Universitas Jambi
  • Hilman Yusra Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.34012/jbip.v4i1.2164

Keywords:

Case Method, Observasi Investigasi, Dialogika di Forum Kelas

Abstract

Berbicara adalah salah satu kemampuan khusus pada manusia. Bahasa dan pembicaraan itu muncul, ketika manusia mengungkapkan dan menyampaikan pikirannya kepada manusia lain. Untuk menyampaikan pikiran tersebut  secara menarik diperlukan suatu kemampuan seni berbicara. Kajian seni berbicara adalah retorika. Untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa beretorika telah dikembangakan pembelajaran pemecahan kasus (case method) bersumber dari observasi-investigasi mahasiswa sebagai pengembangan bahan ajar dialogika di forum kelas. Ada pun aspek-aspek yang dinilai; keefektifan diksi, kejelasan artikulasi; intonasi dan jedah,  ekpresi wajah,  argumentasi,  kejelasan data yang dipaparkan hasil investigasi-observasi di lapangan, dan kejelasan closing statement. Berdasarkan unsur-unsur yang dinilai tersebut simpulan nilai rata-rata setiap mahasiswa pada rentangan 75 sampai 78, pada umumnya kategori ‘baik’. Khusus kejelasan data yang dipaparkan hasil investigasi-observasi di lapangan rata-rata kemampuan cukup. Suasana debat mahasiswa termotivasi mengembangkan retorika kelompok dan pribadi. Simpulan penelitian, pembelajaran berbasis case method hasil observasi dan investigasi lapangan merupakan salah satu pilihan untuk melatih kemampuan mahasiswa; beretorika, berpikir realis dan kritis serta mengadakan penelitian sederhana. Ringkasnya, dengan pembelajaran pemecahan kasus (case method) bersumber dari observasi-investigasi mahasiswa termotivasi berbicara di forum kelas mata.

References

Ainin, Nurul & Dwikoranto. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Materi Alat Optik. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. Vol. 08 No. 03. ISSN: 2302-4496.

Azzahra, A. (2017). Pengaruh Model Case Based Learning (CBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Jamur. Jakarta: UIN Jakarta.

Dewi, Citra Ayu & Abdul Hamid (2015). Pengaruh Model Case Based Learning (CBL) Terhadap Keterampilan Generik Sains Dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X Pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia “Hydrogen”, Vol. 3 No. 2, ISSN 2338-6480.

Galinsky (2018). Mind in the making: The seven essential lifr skills every child needs. Fist Edition. William Morrow an Imprint of Harpenrcollinis Publishers.

Hopkins, David. (2003). A Teacher's Guide to Classroom Research. Philadelphia: Open University Press.

Hikmah, Isna Laily (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Project Based Learning Berorientasi Soft Skills Pada Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Diakses dari https://lib.unnes.ac.id/ pada 1 Agustus 2020.

Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, 2019 FKIP Universitas Jambi

Nurussaniah dan Ramandha, (2016). Effec to of Problem Based Intruction on Higher Other Thinking Skills. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya). Pascasarjana Ilmu Fisika, UNS. 96-99.

Nurgiyantoro, B. (2015). Penilaian autentik dalam pembelajaran bahasa. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Syarafina, Dita Nur. & Rofi Amiyani. (2017). Penerapan Case Based Learning (CBL) sebagai Pembelajaran Matematika yang Inovatif. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2017, 978-602-73403- 3-6.

Roodmap Penelitian dan Pengabdian kepada Mastarakat Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2019 FKIP Universitas Jambi

Rusdi, M. (2019). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Downloads

Published

2022-03-05

How to Cite

Harahap, E. P., & Yusra, H. . (2022). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN CASE METHOD MELALUI OBSERVASI-INVESTIGASI SEBAGAI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIALOGIKA DI FORUM KELAS. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 4(1), 26-34. https://doi.org/10.34012/jbip.v4i1.2164