CITRA SOSIAL PEREMPUAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DALAM KUMPULAN CERPEN PILIHAN #PROSADIRUMAHAJAPANDEMI

Authors

  • Muhamad Yuda Firdaus Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.34012/jbip.v4i1.2162

Keywords:

Citra Sosial, Cerper, Pandemi

Abstract

Abstrak-Kumpulan cerpen pilihan #ProsaDiRumahAja PANDEMI berisikan cerita-cerita kehidupan di masa pandemi Covid-19. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan citra sosial perempuan pada masa pandemi covid-19 dalam kumpulan cerpen pilihan #ProsaDiRumahAja PANDEMI. Penelitian ini menggunakan pendekatan metodologis deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis. Objek penelitian ini adalah citra sosial perempuan pada masa pandemi Covid-19 dalam kumpulan cerpen pilihan #ProsaDiRumahAja PANDEMI. Hasil temuan dalam analisis citra sosial perempuan dalam kumpulan cerpen pilihan #ProsaDiRumahAja PANDEMI yaitu ranah domestik dan ranah publik. Pada ranah domestik, perempuan dicitrakan menjadi dua peran, yaitu perempuan sebagai istri dan perempuan sebagai ibu. Peran perempuan sebagai istri dicitrakan perempuan sebagai istri yang setia dan perempuan sebagai istri melawan kekerasan. Peran perempuan sebagai ibu dicitrakan sebagai orang yang mandiri. Pada ranah publik, dicitrakan sebagai perempuan yang sudah berkecimpung pada pekerjaan publik dan citra perempuan publik mengenai kepercayaan. Perempuan dalam wilayah pekerjaan dicitrakan sebagai perempuan yang bekerja sebagai perawat. Pada wilayah kepercayaan perempuan dicitrakan sebagai orang yang menjunjung tinggi tentang pernikahan.

References

Adek, Muhammad, and Dadi Satria. 2020. “Bijak Dalam Kesederhanaan: Pendayagunaan Metafora Dalam Puisi Instagram (Insta-Poetry).” LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra 5 (1): 32-40.

Amanda, Y. 2015. Citra Perempuan dalam Sampul Majalah Popular pada No. 310 Edisi November 2013, Jom FISIP, 01 (02), 04.

Aprilya, W. 2016. Citra Perempuan dalam Novel Surga Yang Tak Dirindukan karya Asma Nadia dan Kaitannya dengan pemebelajaran Sastra di SMA. Mataram: FKIP Universitas Mataram.

Arcana, dkk. 2020. Cerpen Pilihan #ProsaDiRumahAja PANDEMI. Tangerang Selatan: Arcana Fondation. Berkas (PDF). Hidayati, Nurul. - . “Citra Sosial Perempuan dalam Novel Si Parasit karya Ayu Utami Kajian Feminisme.”

Sutri, Adriyanti, dan Meliasanti. 2021. “Representasi Sosial Masa Pandemi Covid-19 dalam Antologi Puisi to Kill The Invisible Killer karya FX Rudy Gunawan dan Afnan Malay”. Jurnal Bahasa dan Sastra, 1 (9).

Swingewood, Alan & Diana Laurenson, 1972. The Sociology of Literature. Paladin.

Wiyatmi. 2017. PEREMPUN DAN BUMI DALAM SASTRA: dari Kritik Sastra Feminis, Ekokritik, sampai Ekofeminis. Yogyakaa: Cantrik Pustaka.

Wiyatmi. 2012. KRITIK SASTRA FEMINIS: Teori dan Aplikasinya dalam Sastra

Downloads

Published

2022-03-10

How to Cite

Firdaus, M. Y. (2022). CITRA SOSIAL PEREMPUAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DALAM KUMPULAN CERPEN PILIHAN #PROSADIRUMAHAJAPANDEMI. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 4(1), 76-84. https://doi.org/10.34012/jbip.v4i1.2162