NJALAPI SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN PADA MATAKULIAH KETERAMPILAN BERBICARA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

Authors

  • Yenita Br. Sembiring Universitas Prima Indonesia
  • Natalia Widya Pasca Tarigan Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34012/bip.v3i2.1949

Keywords:

Komunikasi, Njalapi, Keterampilan Berbicara

Abstract

Abstrak-Penelitian ini dilakukan untuk menemukan bentuk dan bagaimana proses komunikasi Njalapi pada suku Karo sebagai strategi pembelajaranketerampilan berbicara pada program studi pendidikan bahasa Inggris Universitas Prima Indonesia.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian diskriptif kualitatif. Penelitian ini melibatkan informan sebagai sumber informasi untuk data penelitian. Wawancara digunakan sebagai alat pengumpulan data. Penelitian dilakukan di tiga wilayah domisili suku karo yaitu kabupaten Deli Serdang, kabupaten Langkat, dan Kabupaten Karo.Teknik yang digunakan oleh peneliti untuk menganalisis data adalah teknik triangulasi data yang sudah dikumpulkan akan dianalisis berdasarkan tiga tahapan, yaitu: tahapan reduksi data, tahapan penyajian data dan tahapan penarikan kesimpulan. Luaran dari penelitian ini adalah strategi pembelajran yang dapat digunakan pada pembelajaran keterampilan berbicara dan publikasi artikel. Artikel ini adalah luaran wajib Penelitian Dosen Pemula 2019 Tahun Anggaran 2020 yang didanai oleh DRPM Ristekdikti.

Kata kunci: njalpi, strategi pembelajaran, keterampilan berbicara

References

Ary et al. 2010. Introduction to Research in Education. Wadworth.Belmonth. USA

Darmayenti & Nofiadri. 2015. Mingle Model For Teaching English Speaking Skill For college Students. Vol. 22, No.1,Februari 2015.Hal 1-9.

Dawson, Catherine. 2002. Practical Research Method. How to Books,ltd.

Derakhshan et al. 2016. Developing EFL Learners’ Speaking Ability, Accuracy and Fluency. English language and Literature Studies Vol.6 No.2. Hal:178.

Dewi, Candra. 2017. Peningkatan Keterampilan Berbicara dalam bermain Drama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle. Jurnal Inovasi Pembelajaran. Vol.3. No.2.

Ginting, Seri Ulina Beru.2017. Semiotik Makna pada Upacara Nembah Belo Selambar Adat Karo Langkat (kajian Semiotika Sosial). Jurnal Pena Indonesia Vo.3 No.2.

Harmer, Jeremy. 2001. How to Teach English. Longman Pearson: Cambridge. London.

Miles , Mathew B dan A, Michael Huberman. 2007. Analisis data kualitatif. Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta. UI Press

Prinst, Darwin. 2002. Kamus Karo-Indonesia. Bina media: Medan.

Sinuhaji, Minah. 2013. Pelestarian Adat dalam Upacara Perkawinan Masyarakat Batak Karo Sebagai Atraksi Wisata dalam Menunjang Kepariwisataan di Kabupaten Daerah Tingkat II Karo. Jurnal Geografi. Vo.5.No.1.

Tarigan, Sarjani Drs. 2008. Dinamika Orang Karo, Budaya dan Modernisme. Medan Lamerose Press.

Downloads

Published

2021-09-27

How to Cite

Br. Sembiring, Y., & Tarigan, N. W. P. (2021). NJALAPI SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN PADA MATAKULIAH KETERAMPILAN BERBICARA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(2), 282-288. https://doi.org/10.34012/bip.v3i2.1949