ANALISIS PSIKOLINGUISTIK PENDIDIKAN DALAM KESESUAIAN MATERI AJAR PRAKTIK MEMBACA SISWA SMP

Authors

  • Annisha Shobrina - Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.34012/bip.v3i2.1892

Keywords:

bahasa, keterampilan membaca

Abstract

Abstrak-Penelitian kualitatif ini melatarbelakangi cara peserta didik dalam membentuk pemikiran tentang dunia melalui keterampilan membaca. Kurikulum di sekolah digolongkan menjadi empat, yakni keterampilan menyimak atau mendengar atau disebut listening skills, keterampilan berbicara yang disebut speaking skills, keterampilan membaca disebut reading skills, dan keterampilan menulis yang disebut dengan writing skills. Setiap keterampilan tersebut berkaitan satu dengan yang lainnya dikarenakan proses-proses berpikir peserta didik mendasari bahasa.Bahasa yang diucapkan oleh peserta didik mencerminkan isi pikirannya.Semakin terampil peserta didik dalam berbahasa maka semakin baik dan jelas jalan pikirannya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menulis teks puisi dan menulis teks eksposisi serta membaca buku fiksi atau buku non fiksi membuat peserta didik mengembangkan inovasi serta potensi yang dimilikinya.

Kata kunci: bahasa, keterampilan membaca

References

Aminuddin. (2015). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Arifin, Zainal. (2016). Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, dan Prosedur. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Harras-Bachari, K. (2009). Dasar-dasar Psikolinguistik. Bandung: Upi Press.

Ismaya, Bambang. (2019). Landasan Administrasi Bimbingan dan Konseling (Teori dan Praktik). Karawang: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Singaperbangsa Karawang.

Kurniawan, Khaerudin. (2016). Bahasa Indonesia Keilmuan untuk Perguruan Tinggi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Nurhasanah, Een. (2014). Pengantar Kajian Kesusastraan. Karawang: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP-Unsika.

Pranowo. (2017). Teori Belajar Bahasa untuk Guru Bahasa dan Mahasiswa Jurusan Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rasyidin, Waini. (2017). Landasan Pendidikan. Bandung: UPI Press.

Sa`ud, Udin Syaefuddin. (2018). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Media Grafika 77.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriadi, Oding. (2010). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: PT. Kurnia Kalam Semesta.

Suyono. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tampubolon. (2015). Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efesien. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

___________________. (2015). Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

___________________. (2015). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/BIParticle/view/867/643

Downloads

Published

2021-09-27

How to Cite

-, A. S. (2021). ANALISIS PSIKOLINGUISTIK PENDIDIKAN DALAM KESESUAIAN MATERI AJAR PRAKTIK MEMBACA SISWA SMP. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(2), 179-189. https://doi.org/10.34012/bip.v3i2.1892