HUBUNGAN MEMBACA INTENSIF DENGAN MENEMUKAN STRUKTUR TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 RANTAU SELATAN KABUPATEN LABUHANBATU TAHUN PELAJARAN 2020-2021

Authors

  • Eko Firman Susilo Universitas Al-Washliyah Labuhanbatu

DOI:

https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1846

Keywords:

Membaca, Membaca Intensif, Teks Fabel, SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 RANTAU SELATAN KABUPATEN LABUHANBATU

Abstract

Abstrak-Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan membaca intensif dengan menemukan struktur teks fabel pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu Tahun Pelajaran 2020-2021. Populasi dalam penelitian ini diambil sebesar 25% dari seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 323 siswa, sehingga yang mengikuti penelitian adalah 323 x 25 : 100 = 80 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah tes pilihan berganda dengan jumlah soal 10 dan essay tes 10 soal untuk membaca intensif dan menemukan struktur teks fabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi Pearson dengan rumus product Moment. Terdapat hubungan yang signifikan antara membaca intensif dengan menemukan struktur teks fabel pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Selatan, dalam penelitian ini semua telah terbukti dapat diterima kebenaranya.

Kata kunci: membaca intensif, struktur teks fabel.

Downloads

Published

2021-03-27

How to Cite

Susilo, E. F. (2021). HUBUNGAN MEMBACA INTENSIF DENGAN MENEMUKAN STRUKTUR TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 RANTAU SELATAN KABUPATEN LABUHANBATU TAHUN PELAJARAN 2020-2021. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(1), 129-137. https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1846