PENGENALAN ICE BREAKING DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA

Authors

  • Sugito Sugito STKIP PANGERAN ANTASARI

DOI:

https://doi.org/10.34012/bip.v3i2.1717

Keywords:

Belajar, Ice Breaking, Semangat Belajar

Abstract

Abstrak-Proses kegiatan pembelajaran di kelas tidak terlepas dari peran guru di dalamnya. Dimana guru sebagai pendidik sangat mempengaruhi proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Tujuan pembelajaran menjadi salah satu patokan guru dalam mengajarkan peserta didik, apabila tujuan pembelajaran belum dapat tercapai maka guru harus mengevaluasi kembali proses kegiatan pembelajaran. Tentu hal ini tidaklah mudah, guru harus mengetahui dimana kesalahan saat pembelajaran berlangsung. Banyak yang menjadi faktor internal maupun eksternal dalam menghambat keberhasilan belajar peserta didik. Salah satu faktor penghambatnya adalah faktor eksternal, yaitu lingkungan belajar peserta didik. Jika  keadaan disekitar tidak mendukung terjadinya proses pembelajaran, maka  hal tersebut akan mempengaruhi aspek psikologis anak. Selanjutnya akan membuat peserta didik kelelahaan ataupun cenderung merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran, sehingga pembelajaran yang disampaikan guru tidak dapat diterima dengan baik. Dari beberapa permasalahan tersebut terdapat solusi yang dianggap tepat yaitu memasukkan ice breaking di dalam proses kegiatan belajar mengajar. Artikel ini akan menjelaskan tentang pengenalan ice breaking dan bagaimana ice breaking dapat meningkatkan semangat siswa dalam belajar.  

Kata Kunci: belajar, bosan, ice breaking.

References

M. Said. 2010. 80+ Ice Breaker Games- Kumpulan Permainan Penggugah Semangat. Yogyakarta: Andi Offset. hlm.1

Sunarto. 2012. Ice Breaker dalam Pembelajaran Aktif. Surakarta: Yuman Pressindo. hlm.1

Syafriafdi, N.Dr. . 2020. Menjadi Guru Hebat di Era Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: CV Budi Utama. hlm.78

Batista.Y. 2012. Games Indoor-Outdoor Paling Gress & Trik Modifikasi.

Yogyakarta: Jogja Bangkit Publisher. hlm.1

Setyawan,S. 2015. Kelas Asyik Dengan Games. Jakarta: PT Gramedia

Downloads

Published

2021-09-27

How to Cite

Sugito, S. (2021). PENGENALAN ICE BREAKING DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(2), 145-150. https://doi.org/10.34012/bip.v3i2.1717