METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA MANDARIN

Authors

  • Ivana Ivana Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34012/bip.v2i2.1686

Keywords:

metode pembelajaran, TGT, prestasi belajar, bahasa Mandarin

Abstract

Abstrak-Metode Pembelajaran adalahsuatu cara yang digunakan pendidikdalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.Dalam penelitian ini, metode pembelajaran yang digunakan adalah metode pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams-Games-Tournament) yang merupakan salah satu metode pembelajaran yang melibatkan peran siswa dan mengandung unsur permainan. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa SMA kelas X dengan menggunakan metode pembelajaran TGT terhadap kemampuan menggunakan kosakata HSK 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran TGT yang diterapkan di kelas X MIA A memiliki rata-rata nilai 77.93, sedangkan kelas X MIA B yang menggunakan metode pembelajaran konvensional memiliki rata-rata nilai 64.66.

Kata-kata kunci: metode Pembelajaran,TGT, prestasi belajar.

Downloads

Published

2020-09-23

How to Cite

Ivana, I. (2020). METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA MANDARIN. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 2(2), 223-227. https://doi.org/10.34012/bip.v2i2.1686