SATUAN PRAGMATIS PENDUKUNG IMPLIKATUR PERCAKAPAN SISWA KELAS XII IPS 2 DALAM PBM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Ummi Rahmi Univeristas Jambi
  • Mujiyono Wiryotinoyo Universitas Jambi
  • Kamarudin - Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.34012/bip.v2i2.1258

Keywords:

Pendidikan, Pragmatik, Implikatur, Bahasa

Abstract

Abstrak-Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan satuan pragmatis (SP) pendukung IP meminta siswa kelas XII IPS. Mendeskripsikan implikasi pragmatis yang mewujudkan IP meminta siswa kelas XII IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode analisis deskriptif metode pengumpulan data dengan teknik simak libat cakap yang dibantu dengan catatan lapangan dan perekaman. Data dianalisis dengan mentransripkan hasil percapan dan mengklasifikasikan berdasarkan tujuan penelitian. Hasil penelitian ini, Satuan Pragmatig dalam penelitian ini ada sua belas SP yaitu: menginformasikan fakta, menyatakan kehendak, menyatakan kesenangan, menegaskan, menilai, mengingatkan, memastikan, meyakinkan, mengeluh, bertanya, meminta, dan menyuruh. Alur implikasi yang di temukan ada empat alur, yaitu: alur seba-akibat, alur akibat-sebab, alur normatif dan alur analogis. Rekomendasi yang dapat disampaikan adalah penelitian tentang implikatur percakapan sangat beragam, dan menarik untuk diteliti agar bisa menambah khasanah dalam kebahasaan, terutama bagi peneliti yang mempunyai ketertarikan dalam kajian pragmatik.

kata kunci: satuan pragmatis, implikatur percakapan.

Downloads

Published

— Updated on 2020-09-23

How to Cite

Rahmi, U., Wiryotinoyo, M., & -, K. (2020). SATUAN PRAGMATIS PENDUKUNG IMPLIKATUR PERCAKAPAN SISWA KELAS XII IPS 2 DALAM PBM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 2(2), 172-181. https://doi.org/10.34012/bip.v2i2.1258