ANALISIS FAKTOR - FAKTOR KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MINYAK GORENG PADA MEREK FILMA STUDI KASUS : BRASTAGI SUPERMARKET CABANG GATOT SUBROTO MEDAN

  • Abednego karosekali Universitas Prima Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses pengambilan keputusan konsumen dalam memilih produk minyak goreng kemasan Filma, mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam pembelian produk minyak goreng kemasan Filma. Penelitian ini berlokasi di Brastagi Supermarket Medan cabang jalan Gatot Subroto, dan dilakukan pada bulan Pebruari sampai dengan bulan Maret tahun 2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus slovin dengan hasil sampel sebanyak 91 responden. Metode pengumpulan data konsumen dilakukan dengan teknik angket (kuesioner) dan analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis faktor. Pengolahan data dibantu dengan Microsoft Excel 2007 dan Statistical Package Social Science (SPSS) versi 22. Hasil penelitian menyatakan bahwa terbentuk 3 faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian minyak goreng Filma. Ketiga faktor tersebut adalah Faktor Lingkungan Sosial, Faktor Ruang Lingkup Keluarga, Faktor Keyakinan Pribadi. Faktor yang paling utama dalam mempengaruhi pembelian Filma adalah Faktor Lingkungan Sosial dengan nilai eigenvalue yang terbesar dari semua faktor yang ada.

Published
2019-08-12
How to Cite
KAROSEKALI, Abednego. ANALISIS FAKTOR - FAKTOR KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MINYAK GORENG PADA MEREK FILMA STUDI KASUS : BRASTAGI SUPERMARKET CABANG GATOT SUBROTO MEDAN. Agriprimatech, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 29-37, aug. 2019. ISSN 2621-6566. Available at: <http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/Agriprimatech/article/view/589>. Date accessed: 15 sep. 2019.
Section
Articles