Dampak Covid-19 Terhadap Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah di Keluarahan Cinta Damai

Main Article Content

Galumbang Hutagalung
Enda Noviyanti Simorangkir
Aremi Evanta br. Tarigan
Matondang Elsa Siburian
Rasinta Ria Ginting
Arie Pratania Putri
Jenny Zain
Merry Rusida S

Abstract

Pandemi Covid-19 yang merebak pada akhir 2019 telah mengguncang berbagai sektor kehidupan, termasuk UMKM di Indonesia yang menjadi salah satu pilar utama perekonomian. Dengan menyumbang sekitar 60% dari PDB nasional dan menyediakan lapangan kerja bagi hampir 97% angkatan kerja, UMKM terdampak cukup parah akibat kebijakan pembatasan sosial dan gangguan pada rantai pasokan. Survei pada April 2020 mengungkapkan bahwa lebih dari separuh pelaku UMKM mengalami penurunan omzet, kesulitan modal, hingga hambatan distribusi. Selain itu, UMKM di sektor ekspor seperti kerajinan tangan dan pariwisata mengalami pukulan paling berat karena penutupan jalur perdagangan internasional. Krisis ini memaksa para pelaku UMKM untuk cepat beradaptasi, terutama dengan memanfaatkan teknologi digital agar tetap relevan di tengah perubahan pola konsumsi. Artikel ini membahas lebih lanjut tentang dampak pandemi terhadap UMKM, strategi yang mereka terapkan untuk bertahan, serta pentingnya inovasi dan kolaborasi untuk memastikan keberlanjutan usaha dalam masa sulit ini.

Article Details

How to Cite
Hutagalung , G. ., Simorangkir, E. N., Evanta br. Tarigan, A. ., Siburian , M. . E. ., Ginting, R. R. ., Putri, A. P. ., Zain , . J. ., & S, M. R. . (2025). Dampak Covid-19 Terhadap Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah di Keluarahan Cinta Damai. Jurnal Mitra Prima, 5(2). Retrieved from https://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/mitra_prima/article/view/6781
Section
Articles

References

Amijaya, S. Y., Seliari, T., & Oentoro, K. (2020). Pengembangan strategi pemasaran dan promosi produk UMKM di tengah pandemi COVID-19. Proceeding Senadimas Undiksha, 365, 358-368.

Arfiansyah, M. A., & Suminto, E. (2021). Pelatihan Pembukuan Sederhana Untuk Umkm Sebagai Upaya Ketahanan Ekonomi Di Masa Pandemi Covid-19. Al Basirah Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-8.

Dima, E. T. Y., & Waja, M. A. S. (2022). Peran Umkm Dalam Menjaga Stabilitas Perekonomian Masyarakat Akibat Pandemi Covid-19 Di Kota Atambua Kabupaten Belu (Studi kasus home industri pembuatan stik berbahan dasar daun kelor). Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP), 5(1), 9-13.

Liguori, E., Bendickson, J., Solomon, S., & McDowell, W. C. (2019). Development of a multi-dimensional measure for assessing entrepreneurial ecosystems. Entrepreneurship & Regional Development, 31(1-2), 7-21.

Martins, E. C., & Terblanche, F. (2003). Building organisational culture that stimulates creativity and innovation. European journal of innovation management, 6(1), 64-74.

Pittz, T. G., White, R., & Zoller, T. (2021). Entrepreneurial ecosystems and social network centrality: The power of regional dealmakers. Small Business Economics, 56(4), 1273-1286.

Prayitno, E., Tarigan, N. L., Sukmawaty, W. E. P., & Mauidzoh, U. (2022). Kebangkitan UMKM pasca pandemi Covid-19. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(4), 4787-4794.