Pengabdian Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Klinis

Authors

  • Hamidah Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34012/mitraprima.v4i2.3189

Abstract

Adapun tujuan penulisan penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk menganliasis efektifitas supervisi klinis untuk meningkatkan kemapuan guru dalam prose pembelajaran. Jenis penelitian yang dilakukan adalah PTK. Subjek penelitia ini sebanyak 42  orang guru. Metode pengumpulan datanya adalah studi dokumen, dan observasi. Metode analisis datanya adalah deskriptif dan untuk data kuantitatif dengan menggunakan intrumen supervisi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan atau kompetensi profesional guru dalam pembelajaran bagi guru-guru di SMP Negeri 6 Binjai . Ini terbukti dari proses dan hasil yang diperoleh pada Siklus I meningkat rata-ratanya menjadi lebih baik yaitu 81,48 % Demikian juga pada Siklus II naik rata-ratanya menjadi lebih tinggi lagi yaitu 85,19 %. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah gabungan supervisi klinis dan Penyusunan Penelitian Tindakan Sekolah dapat meningkatkan kemampuan atau kompetensi profesional guru dalam pembelajaran.

Downloads

Published

2023-01-06

How to Cite

Hamidah. (2023). Pengabdian Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Klinis. Jurnal Mitra Prima, 4(2). https://doi.org/10.34012/mitraprima.v4i2.3189