Pelatihan dan Pengolahan Kemiri Di Desa Haranggaol

Authors

  • Roza Maya Sari Universitas Prima Indonesia

Keywords:

kemiri, desa, kesejahteraan

Abstract

Desa Haranggaol merupakan salah satu sentra penghasil bawang merah terbesar yang berada di, kabupaten Simalungun, provinsi Sumatra Utara, Indonesia., Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pelatihan tentang pengolahan bawang merah menjadi produk siap konsumsi dengan BACRIS sebagai Mitra Industri. Materi kegiatan yang diberikan yaitu tentang pengolahan dan pemrosesan bawang merah menjadi produk siap konsumsi serta cara pemasaran produk siap konsumsi melalui e-commerse. Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat (PKM) yaitu meliputi (1) observasi; (2) sosialisasi; (3) pelatihan dan praktik bawang merah menjadi produk siap konsumsi; (4) pemasaran (5) monitoring. Kegiatan ini bermanfaat untuk meningkatkan penghasilan petani bawang merah, hal ini karena bawang merah menjadi produk bawang goreng berkualitas tinggi dengan harga jual yang stabil, sehingga petani bawang merah tidak akan merugi jika hasil panen yang dihasilkan memiliki kualitas yang rendah.

References

Robert, S. (2016). Karakteristik Fisik dan Mekanik Kemiri (Aleurites moluccana Wild.). Bogor. Jurnal Keteknikan Pertanian. April 2016. Vol. 4 No. 1, p 97-106.

Herman, M., Syakir, M., Pranowo, D., Saefudin, Sumanto. 2013. Kemiri Sunan (Reutealis trisperma (Blanco) Airy Shaw) Tanaman Penghasil Minyak Nabati dan Konservasi Lahan. Jakarta: IAARD Press.

Dian, P. (2018). NILAI EKONOMI TANAMAN KEMIRI (Aleurites moluccana) PADA SISTEM AGROFORESTRI. Gorontalo. Jurnal Agropolitan, Volume 5 Nomor 1 Bulan Juli 2018.

https://id.wikipedia.org/wiki/Kemiri

Downloads

Published

2022-03-30

How to Cite

Sari, R. M. (2022). Pelatihan dan Pengolahan Kemiri Di Desa Haranggaol. Jurnal Mitra Prima, 1(1). Retrieved from https://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/mitra_prima/article/view/2578