The Relationship Between Parenting Patterns, Play Activities And Gadget Use With The Social Development Of Preschool Children At Khalifah Kindergarten, Depok Year 2025

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ariana Putri

Abstract

World Health Organitation (WHO) melaporkan bahwa prevalensi balita yang mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan mencapai 28,7% dan Indonesia merupakan negara ketiga sebagai negara dengan prevalensi tertinggi di kawasan Asia Tenggara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua, aktivitas bermain dan penggunaan gadget dengan perkembangan sosial anak prasekolah di TK Khalifah Depok Tahun 2025. Desain penelitian dengan cross sectional, variabel independen (pola asuh orang tua, aktivitas bermain dan lama penggunaan gadget) dan variabel dependen (perkembangan sosial pada anak prasekolah). Populasi penelitian ini anak usia 5 sampai 6 tahun berjumlah 106 responden. Teknik sampling yang digunakan yaitu probability sampling dengan jumlah sampel 105 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar orang tua menerapkan pola asuh demokratis (57,1%), sebagian kecil anak memiliki aktivitas bermain pasif (21%) dan hampir setengah anak menggunakan gadget dengan kategori sedang (51,4%). Sebagian besar anak memiliki perkembangan sosial baik (76,2%). Hasil uji Chi-Square menunjukkan ada hubungan antara pola asuh dengan perkembangan sosial p < 0,001 (sig≤0,01), ada hubungan aktivitas bermain dengan perkembangan sosial p < 0,001 (sig≤0,01) dan ada hubungan lama penggunaan gadget dengan perkembangan sosial p <0,001 (sig≤0,01). Kesimpulannya bahwa terdapat hubungan pola asuh. Aktivitas bermain dan lama penggunaan bermain gadget.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Ariana Putri, Universitas Indonesia Maju

World Health Organitation (WHO) melaporkan bahwa prevalensi balita yang mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan mencapai 28,7% dan Indonesia merupakan negara ketiga sebagai negara dengan prevalensi tertinggi di kawasan Asia Tenggara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua, aktivitas bermain dan penggunaan gadget dengan perkembangan sosial anak prasekolah di TK Khalifah Depok Tahun 2025. Desain penelitian dengan cross sectional, variabel independen (pola asuh orang tua, aktivitas bermain dan lama penggunaan gadget) dan variabel dependen (perkembangan sosial pada anak prasekolah). Populasi penelitian ini anak usia 5 sampai 6 tahun berjumlah 106 responden. Teknik sampling yang digunakan yaitu probability sampling dengan jumlah sampel 105 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar orang tua menerapkan pola asuh demokratis (57,1%), sebagian kecil anak memiliki aktivitas bermain pasif (21%) dan hampir setengah anak menggunakan gadget dengan kategori sedang (51,4%). Sebagian besar anak memiliki perkembangan sosial baik (76,2%). Hasil uji Chi-Square menunjukkan ada hubungan antara pola asuh dengan perkembangan sosial p < 0,001 (sig≤0,01), ada hubungan aktivitas bermain dengan perkembangan sosial p < 0,001 (sig≤0,01) dan ada hubungan lama penggunaan gadget dengan perkembangan sosial p <0,001 (sig≤0,01). Kesimpulannya bahwa terdapat hubungan pola asuh. Aktivitas bermain dan lama penggunaan bermain gadget.
How to Cite
Putri, A. (2025). The Relationship Between Parenting Patterns, Play Activities And Gadget Use With The Social Development Of Preschool Children At Khalifah Kindergarten, Depok Year 2025. Jurnal Maternitas Kebidanan, 10(2), 32–43. https://doi.org/10.34012/jumkep.v10i2.7656

References

  1. Afiyah, N., Amal, A., & Mus, M. A. (2022). The Effect of Role-Playing Methods on the Social-Emotional Behavior of 5-6 Year Old Children at Kartini State Kindergarten. Journal Ashil Vol. X No. X
  2. Haryanto, Dian Amalia., Tohari, Moh Amin.(2024). The Role of Parents in Overcoming Gadget Addiction in Early Childhood. Case Study in RT.002 RW.01, Pondok Pucung, South Tangerang. RISOMA: Journal of Social, Humanities and Educational Research Vol. 2 No. 4
  3. Herniawati, A., & Hidayat, Y. (2023). Play Method: Efforts to Develop Children's Cognitive Abilities in the Independent Curriculum Era. Intisabi Journal, 1(7), 10–18.https://doi.org/10.61580/itsb.v1i1.2
  4. Heryanto et al. (2023). Duration of Gadget Use and Development in Preschool Children. Journal of Midwifery Care, Vol. 3 No. 02
  5. Hidayah, Anisa Nur., Diana., & Setiayawan, Deni. (2022). Role Playing Activities to Develop Children's Social Emotions at Birrul Walidain Playgroup, Sragen. Journal of Education Vol.31 No.
  6. Ismaiyah, Nurul. (2022). Developing Early Childhood Social-Emotional Behavior Through Role-Play Activities During the Pandemic. Kiddo: Journal of Early Childhood Islamic Education; Vol. 3 No. 1
  7. Ministry of Health of the Republic of Indonesia. (2019). 2018 National Health Research and Development Report. Jakarta: Health Research and Development Agency
  8. Mayasari, A T., Warsiah, S., Ati, P D., Malinda, H., Khotipah, S., & Soresemi. (2021). The Relationship Between Parenting Styles and the Social-Emotional Development of Preschool Children. Journal of Current Health Sciences 1(2): 63-68
  9. Nissa, Choirun., & Aryanti, Empi. (2022). Parenting Patterns in Developing Social Behavior in Early Childhood. Smart Vol 2 No. 1
  10. Putri, Emri O., Utami, Anggita., & Lestari, Raja F. (2020). The Relationship between Length of Gadget Use and Social Behavior of Preschool Children. Jurnal Cakrawala Promkes Vol. 2 No. 2
  11. Sari, Ratna., & Seitarsi, Dini. (2021). The Relationship Between Parenting Styles and the Social Development of Preschool Children Aged 4-6 Years. IJPN Journal Vol. 2 No. 1
  12. United Nations Children's Fund. (2020). The Situation of Children in Indonesia – Trends, Opportunities, and Challenges in Fulfilling Children's Rights. Jakarta: UNICEF Indonesia
  13. Rules”, Telematics and Informatics 32, pp. 787–795 Yudhiarti, Ndaru Putri. (2023). Social Development of Early Childhood (Ages 5-6 Years) AT ISLAMIC KINDERGARTEN PAS Assakiinah Mantingan, Ngawi Regency. Journal Fesco Vol.1 No.2
  14. Tasya, A., Alini., & Erlinawati. (2023). The Relationship between the Duration and Intensity of Gadget Use with the Social Development of Preschool Children Aged 4-6 Years. Journal of Mental Health Nursing (JKJ): Indonesian National Nurses Association. Vol. 11 No. 1, Pages 11-18.