Penguatan Pengetahuan dan Keaktifan SADARI Remaja Putri di Gresik

Main Article Content

Luluk Yuliati
Nourma Yunita
Twelvi Desimbriana
Rizqi Aulia Savitri

Abstract

Aktif melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) merupakan langkah utama dalam upaya deteksi dini kanker payudara. Hal ini akan memberikan hasil yang lebih baik jika dilakukan sejak usia muda yaitu remaja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui metode apakah yang paling efektif untuk meningkatkan pengetahun remaja tentang deteksi dini kanker payudara dan keaktifan untuk melakukan SADARI. Penelitian ini merupakan penelitian experimental dengan menggunakan desain penelitian Post test only control group design. 40 siswa perempuan dibagi menjadi 4 kelompok: kelompok kontrol negatif, kelompok P1 (metode video), kelompok P2 (metode demonstrasi), kelompok P3 (metode video dan demonstrasi). Data diuji dengan general multivariate analyze manova one way dan dilakukan uji lanjut dengan metode Duncan. Hasil menunjukkan bahwa pemberian edukasi dengan metode video, demonstrasi ataupun kombinasi keduanya dapat meningkatkan pengetahuan siswa tentang SADARI dan keaktifan siswa melakukan SADARI. Metode edukasi yang paling efektif untuk meningkatkan pengetahuan adalah dengan media video dengan nilai p= 0,002, sementara untuk metode edukasi yang paling efektif untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam melakukan SADARI adalah dengan kombinasi metode video dan demonstrasi dengan p< 0,0001. Upaya peningkatan perilaku remaja yang sadar akan kesehatan reproduksinya masih perlu untuk terus ditingkatkan, penggunaan metode yang aktif dan menarik lainnya dapat dicoba untuk terus dikembangkan.

Article Details

How to Cite
Yuliati, L., Yunita, N., Desimbriana, T. ., & Savitri, R. A. . (2021). Penguatan Pengetahuan dan Keaktifan SADARI Remaja Putri di Gresik. Jurnal Maternitas Kebidanan, 6(1), 99-106. https://doi.org/10.34012/jumkep.v6i1.1661
Section
Articles