HUBUNGAN TEORI MM (MOTIVATIONAL MODEL), PENGETAHUAN PRODUK, PERSEPSI HARGA TERHADAP NIAT BELI BIBIT TENERA PADA PERKEBUNAN RAKYAT
Keywords:
SEM-PLS, Niat Beli, Teori MM (Motivational Model), Pengetahuan, ProdukAbstract
Hubungan Teori MM (Motivational Model), Pengetahuan Produk, Persepsi Harga Terhadap Niat Beli Bibit Tenera Pada Perkebunan Rakyat (studi kasus pada petani kelapa sawit di Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat).
Faktor bibit memegang peranan penting dalam menentukan keberhasilan penanaman kelapa sawit. Oleh karena itu tenera merupakan bahan tanam yang dapat meningkatkan produktivitas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui niat beli bibit tenera pada perkebunan rakyat melalui teori MM, pengetahuan produk dan persepsi harga. Pengambilan sampel sebanyak 100 responden. Metode yang digunakan SEM PLS (Structural Equation Modelling), data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan menggunakan kuisioner, pengelolaan data dibantu oleh Microsoft Excel 2013. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 15-29 Juni 2020. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pengetahuan produk tidak berpengaruh signifikan terhadap niat beli. Persepsi harga tidak berpengaruh signifikan terhadap niat beli.