Kajian Infrastruktur TI Menurut Standar COBIT 5 : Studi Kasus Sekolah NanYang Zhi Hui Medan

Authors

  • Hita Tan STMIK Mikroskil
  • Robin Wong

DOI:

https://doi.org/10.34012/jutikomp.v1i1.313

Abstract

Saat ini sudah banyak lembaga pendidikan yang memanfatkan teknologi sistem informasi dalam aktivitas akademisnya, baik sekolah-sekolah maupun perguruan tinggi. Pemanfaatan teknologi ini ditujukan untuk menunjang proses pendidikan dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas kinerja pendidikan di lembaga pendidikan. Dengan adanya teknologi tersebut, maka perlu diadakannya pengauditan untuk mengetahui tingkat kematangan tata kelola teknologi di lembaga pendidikan tersebut dengan menggunakan tools yang sudah terstandarisasi. Melalui penilaian tersebut sangat diharapkan dapat membawa lembaga pendidikan ke arah pengelolaan yang lebih baik di masa yang akan datang. Metoda Analisis yang digunakan adalah Kerangka kerja COBIT 5. Metode ini digunakan sebagai acuan dalam melakukan evaluasi tata kelola teknologi informasi dan untuk mengukur capability level pada Sekolah Nanyang Zhi Hui Medan. Dari data hasil penilaian capability level masing-masing proses, dilakukan perhitungan untuk mengetahui besarnya rata-rata capability level yang telah dicapai oleh Sekolah Nanyang Zhi Hui Medan. Dari hasil perhitungan, disimpulkan bahwa capability level pada Sekolah Nanyang Zhi Hui saat ini berada di level 2. Dengan demikian makan dapat dinilai bahwa pengelolaan IT di Sekolah Nanyang Zhi Hui ini sudah baik.

Downloads

Published

2018-04-01

How to Cite

Tan, H., & Wong, R. (2018). Kajian Infrastruktur TI Menurut Standar COBIT 5 : Studi Kasus Sekolah NanYang Zhi Hui Medan. JURNAL TEKNOLOGI DAN ILMU KOMPUTER PRIMA (JUTIKOMP), 1(1), 31-37. https://doi.org/10.34012/jutikomp.v1i1.313