Analisis Variabel Yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Marketplace Shopee Dengan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model
DOI:
https://doi.org/10.34012/jutikomp.v4i1.1809Abstract
Perkembangan teknologi yang pesat mendorong berbagai sektor untuk beradaptasi mengikuti langkah perkembangan. Salah satunya adalah tren pembelanjaan masyarakat yang berubah dari metode konvensional onsite menjadi belanja online di marketplace. Untuk lebih memahami dan mengetahui faktor-faktor apa saja yang berpengaruh bagi kepuasan pengguna agar pengembangan teknologi informasi marketplace lebih efektif maka perlu dilakukan analisis lebih lanjut. Evaluasi dan analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan marketplace C2C ini diukur dengan menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM), yang mempelajari, memahami dan menjelaskan perilaku pemakai dalam menerima dan menggunakan suatu sistem teknologi informasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian adalah dengan menggunakan penyusunan dan pendistribusian instrumen penelitian, pengujian Validitas dan Reliabilitas instrumen, pengumpulan data dan dilanjutkan dengan pengujian regresi dan Uji F. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS dan hasil Pengujian Regresi didapatkan 6 persamaan yakni Persamaan Perceived Ease of Use (PEU) dan Perceived Usefulness (PE) = 8,016 + 0,565 PEU, Persamaan Perceived Ease of Use (PEU) dan Attitude toward Using (ATU) = 2,192 + 0,542 PEU, Persamaan antara Perceived Usefulness (PE) dan Attitude toward Using (ATU) = 4,105 + 0,461 PE, Persamaan antara Perceived Ease of Use (PEU) dan Behavioral Intention to Use (BIU) = 3,123 + 0,511 PEU, Persamaan antara Attitude toward Using (ATU) dan faktor Behavioral Intention to Use (BIU) = 1,447 + 0,913 ATU, Persamaan antara Behavioral Intention to Use (BIU) dan faktor Actual System Use (ASU) = 3,357 + 0,776 BIU. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji F, diperolah hasil sebagai berikut: Terdapat pengaruh yang signifikan antara Perceived Ease of Use (PEU) terhadap Perceived Usefulness (PE), Terdapat pengaruh yang signifikan antara Perceived Ease of Use (PEU) terhadap Attitude toward Using (ATU), Terdapat pengaruh yang signifikan antara Perceived Usefulness (PE) terhadap Attitude toward Using (ATU), Terdapat pengaruh yang signifikan antara Perceived Ease of Use (PEU) terhadap Behavioral Intention to Use (BIU), Terdapat pengaruh yang signifikan antara Attitude toward Using (ATU) terhadap Behavioral Intention to Use (BIU), Terdapat pengaruh yang signifikan antara terhadap Behavioral Intention to Use (BIU) terhadap Actual System Use (ASU).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Culita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak Cipta atas naskah-naskah karya ilmiah di dalam Jurnal ini dipegang oleh Penulis.
- Penulis menyerahkan hak saat pertama kali mempublikasi Naskah karya ilmiahnya dan secara bersamaan Penulis memberikan izin/lisensi dengan mengacu pada Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License kepada pihak lain untuk menyebarkan karya ilmiahnya tersebut dengan tetap mencantumkan penghargaan bagi penulis dan Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima sebagai media Publikasi pertama atas karya tersebut.
- Hal-hal yang berkaitan dengan non-eksklusivitas pendistribusian Jurnal yang menerbitkan karya ilmiah penulis dapat diperjanjikan secara terpisah (contoh: permintaan untuk menempatkan karya yang dimaksud pada perpustakaan suatu institusi atau menerbitkannya sebagai buku) dengan Penulis sebagai salah satu pihak perjanjian dan dengan penghargaan pada Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima sebagai media publikasi pertama atas karya dimaksud.
- Penulis dapat dan diharapkan untuk mengumumkan karyanya secara online (misalnya pada Repositori atau pada laman Organisai/Institusinya) sejak sebelum dan selama proses pengumpulan naskah, sebab upaya tersebut dapat meningkatkan pertukaran citasi lebih awal dan dengan cakupan yang lebih luas.