Aplikasi Prediksi Pola Pembelian Customer dengan Metode Market Basket Analysis pada PT. Capella Medan

Authors

  • Pilipus Abiyana Bangun Universitas Prima Indonesia
  • Ekik Jazmin Rinaldi
  • Yonata Laia

DOI:

https://doi.org/10.34012/jusikom.v2i2.425

Keywords:

apriori, datamainig, penjualan

Abstract

Penyusunan posisi barang pada perusahaan merupakan salah satu hal penting dalam perusahaan agar dapat mempercepat proses penjualan barang. Untuk itu, maka perlu dilakukan analisis terhadap pola penjualan barang kepada customer sehingga dapat dilakukan pengaturan posisi barang untuk memudahkan staf dalam mencari barang yang diinginkan. Permasalahan ini dapat diatasi dengan menggunakan teknik data mining. Data mining adalah ekstraksi informasi atau pola yang penting atau menarik dari data yang berada pada basisdata yang besar yang selama ini tidak diketahui tetapi mempunyai potensi infomasi yang bermanfaat. Data mining dapat membantu perusahaan untuk mendapatkan pola dari data – data yang tersimpan di dalam basis data perusahaan sehingga dapat diketahui pola pembelian barang di perusahaan. Pengetahuan yang diperoleh dari hasil penelitian akan menjadi pedoman dalam mengambil tindakan – tindakan bisnis sebagai upaya pemeliharaan dan peningkatan tingkat kompetitif bisnis perusahaan. Perusahaan yang di gunakan dalam penelitian yaitu PT. Capella Medan  yang merupakan salah satu perusahaan swasta terkemuka di medan yang bergerak di bidang penjualan sepeda motor yamaha beserta sparepart-nya. Peneliti melakukan pengumpulan data penelitian dengan cara observasi dan mencatat proses transaksi penjualan barang yang berhubungan dengan aplikasi, lalu dirancang aplikasi tersebut guna memenuhi kebutuhan informasi pengaturan stock barang perusahaan, selanjutnya menguji aplikasi yang telah dibuat serta diimplementasikan aplikasi tersebut ke perusahaan. Adapun saran yang dapat disampaikan peneliti adalah untuk menggunakan algoritma sejenis lainnya sehingga aplikasi yang dibuat dapat digunakan untuk mengelompokan stock barang, juga aplikasi dapat dikembangkan lebih lanjut sebagai referensi dalam mempelajari mengenai algoritma Market Basket Analysis.

Downloads

Published

2019-03-11

How to Cite

[1]
P. A. Bangun, E. J. Rinaldi, and Y. Laia, “Aplikasi Prediksi Pola Pembelian Customer dengan Metode Market Basket Analysis pada PT. Capella Medan”, JUSIKOM PRIMA, vol. 2, no. 2, pp. 59 - 66, Mar. 2019.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>