Pengungkapan Manajemen Laba Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr Disclosure) Dengan Mekanisme Gcg Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia
Main Article Content
Abstract
Abstract
The purpose of this journal is to find out how the role of GCG Mechanism in moderating Earning Management influencing CSR Disclosure of the Sub-Group of Oil Palm Plantation Companies listed on the Indonesia Stock Exchange period 2017 until 2021. The research method used is analytical descriptive, which Moderating Regression Analysis is used in answering research hypothesis. The results showed that Earning Management influence CSR Disclosure, the total of Audit Committee can moderating Earning Management influence CSR Disclosure but Proportion of Board of Commissioner can not moderating Earning Management influence CSR Disclosure.
Keywords: Earning Management, GCG Mechanism, Corporate Social Responsibility, Palm Oil Industry
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Sri wahyu, A. W. (2019). Interaksi manajemen laba dalam pengungkapan Corporate Social Responsibilities dan kinerja keuangan dalam sektor manufaktur. Jurnal studi Akuntansi dan Keuangan Vol. 2(2), 2019, halaman 139 – 153
Nico, A. dan Agustin, P. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibilities Reporting terhadap manajemen laba. Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 22, No. 1, Juni 2020, Hlm. 105 - 112
Anggraini, F. R. (2006). Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan (Studi Empiris pada Perusahaan-Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta). Simposium Nasional Akuntansi IX. Padang.
Elkington, J. (1998). Cannibals with Forks: The Triple Bottom Line in 21st Century Business. Oxford: Capstone Publishing Ltd.
Harsanti, P. (2011). Corporate Social Responsibility dan Teori Legitimasi. Working Paper. Fakultas Ekonomi. Universitas Muria Kudus.
Hery. (2012). Akuntansi & Rahasia dibaliknya untuk Para Manajer Non Akuntansi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Indonesia Stock Exchange Statistics. 2022.
Mustika, G., R.N. Sari, dan L. Al Azhar. (2015). Pengaruh Manajemen Laba terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility: Variabel Anteseden dan Variabel Moderasi. Jurnal Akuntabilitas. Vol 8, No. 3, Hal. 238 – 253.
Oktavia, Yufenti. (2013). Pengaruh Manajemen Laba terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dengan Corporate Governance sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika. Vol. 2, No. 2, Hal. 676 – 704.
Prior, D., J. Surroca. dan J. A. Tribó. (2008). Are Socially Responsible Managers Really Ethical? Exploring the Relationship Between Earnings Management and Corporate Social Responsibility. Corporate Governance: An international Review. Vol. 16, No. 3, Hal. 160 – 177.
Rahmawati, Sri Seventy Pujiastuti, dan Anastasia Riani Suprapti. (2010). Model Strategi Manajemen Laba pada Perusahaan Publik di Bursa Efek Indonesia: Suatu Pemeriksaan Pergeseran Klasifikasi serta Dampaknya terhadap Kinerja Saham, Pemilihan Metoda Akuntansi, Klasifikasi Akuntansi, dan Pengaturan Waktu Transaksi. Jurnal Akuntansi UNTAR. Vol. XIV, No. 01.
Rokhlinasari, S. (2015). Teori –Teori dalam Pengungkapan Informasi Corporate Social Responbility Perbankan. Al-Amwal, Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah. Vol. 7, No. 1, Hal. 1 – 11.
Said, R., Y. Zainuddin dan H. Haron. (2009). The Relationship Between Corporate Social Responsibility Disclosure and Corporate Governance Characteristics in Malaysian Public Listed Companies. Social Responsibility Journal. Vol. 5, No. 2, Hal. 212 – 226.
Sinulingga, Sukarya. (2017). Metodologi Penelitian. Medan: Universitas Sumatera Utara Press.
Sunarsih. (2017). Pengaruh Manajemen Laba terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan Mekanisme Corporate Governance sebagai Variabel Moderasi pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama. Vol. 17, No. 1, Hal. 33-48.
Terzaghi, M. T. (2012). Pengaruh Earning Management dan Mekanisme Corporate Governance terhadap Pengungkapan Tangung Jawab Sosial Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi. Vol. 2, No. 1, Hal. 1 – 17.