PROSIDING SEMINAR NASIONAL FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Keywords:
FKIPAbstract
Penggunaan daya komputasi dan data yang tidak terbatas akibat
perkembangan internet dan teknologi digital yang masif di era revolusi
industri 4.0 menyebabkan segala hal menjadi tanpa batas (borderless). Era
ini mendisrupsi berbagai aktivitas manusia,termasuk di dalam bidang
pendidikan, tanpa kecuali bidang pendidikan dan pembelajaran bahasa
Indonesia. Untuk itu perlu transformasi pendidikan. Sistem sekolah dan
pendidikan tinggi diharapkan mampu memberikan bekal kepada
siswa/mahasiswa untuk memiliki keterampilan yang dibutuhkan oleh
revolusi industri 4.0, yakni kemampuan teknis, kreativitas, dan pemecahan
masalah yang inovatif. Untuk mewujudkannya guru memiliki peran yang
sangat strategis. Guru dituntut mampu memahami karakteristik siswa
zaman sekarang, merespon kebutuhan siswa, menghindari disorientasi
dalam pembelajaran, mereduksi benturan kecerdasan dalam pembelajaran,
merancang dan menggunakan model pembelajaran yang inovatif,
memfasilitasi siswa untuk mampu berkinerja (mahir berbahasa Indonesia)
dan mampu menghasilkan karya-karya kreatif dan inovatif dalam bidang
bahasa dan sastra Indonesia