SOSIALISASI BISNIS DIGITAL UNTUK SISWA-SISWI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMKS PRIMA TIARA MAKASSAR)

Authors

  • Mashud Mashud Universitas Teknologi Akba Makassar
  • Ramlah P Universitas Teknologi Akba Makassar
  • Muhammad Ichfan Askar universitas teknologi akba makassar
  • Muh. Sunar Hatta Universitas Teknologi Akba Makassar
  • Dellas Wahyu Hermawan Universitas Teknologi Akba Makassar

DOI:

https://doi.org/10.34012/mitraprima.v6i1.4925

Keywords:

Bisnis, Digital, Sekolah, Siswa, Sosialisasi

Abstract

Digital business atau disebut juga bisnis digital adalah bisnis tercanggih saat ini yang diperkirakan terus berkembang setiap tahun dan semakin lama akan meningkat tajam. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang bergerak sangat cepat baik dibidang pendidikan, bisnis, pemasaran dan bidang lainnya. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) lebih fokus pada penyiapan siswanya untuk memasuki dunia kerja. SMK membekali siswanya untuk bisa bekerja secara mandiri dan terampil. Kegiatan pengabdian ini menggunakan metode sosialisasi dan metode diskusi. Proses sosialisasi terkait bisnis digital ini disajikan dalam bentuk pemaparan materi secara langsung. kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan akan memberikan wawasan dan inspirasi bagi siswa-siswi SMK Prima Tiara Makassar yang tertarik untuk menjelajahi potensi bisnis digital.

References

M. Musnaini, A. Junita, H. Wijoyo, and I. Indrawan, “Digital business,” 2020.

S. A. Fauziah, A. F. Mahendra, M. Larien, Y. Yuliasari, W. Herdiansah, and A. Effendy, “Sosialisasi Bisnis Digital Pada Siswa-Siswi SMK Techno Media,” Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, vol. 1, no. 2, pp. 140–144, 2021.

A. Purniawan et al., “Sosialisasi Pengenalan Teknologi Informasi Digital Kepada Siswa SMK Bintang Nusantara,” APPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, no. 2, pp. 116–119, 2023.

H. F. Situmorang, “Sosialisasi Digital Marketing Di Sekolah Smkn 6 Maluku Tengah,” Pattimura Mengabdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, no. 3, pp. 101–105, 2023.

D. Purwana, R. Rahmi, and S. Aditya, “Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit,” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), vol. 1, no. 1, pp. 1–17, 2017.

D. B. Barus and V. U. Keliat, “A Socialization Of The Prevention Of Sexual Harassment As A Form Of Character Education In The Digital Era In High Schools (Sma Negeri 1 Stm Hilir),” Jurnal Mitra Prima, vol. 5, no. 2, 2023.

M. H. Ismail, M. Khater, and M. Zaki, “Digital business transformation and strategy: What do we know so far,” Cambridge Service Alliance, vol. 10, no. 1, pp. 1–35, 2017.

S. Kuren, O. Beluzhenko, A. Demyanov, N. Dontsov, and E. Kosenko, “Career anchors and value orientations as tools for evaluating soft skills of technical university students in the context of digital socialization,” presented at the BIO Web of Conferences, EDP Sciences, 2024, p. 04043.

D. R. Swastika, “The Career Adaptability Potential Of Vocational High School Students From A Digital Literacy Perspective,” Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, vol. 12, no. 1, pp. 22–32, 2023.

D. Lestari, A. Astiana, M. Junita, N. S. Hadijah, S. A. Sumiati, and D. A. Putri, “Sosialisasi digital marketing: pengabdian masyarakat pada siswa siswi SMK Negeri 5 Samarinda,” ABDIMU Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat; Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, vol. 2, no. 1, pp. 53–58, 2023.

M. Mashud, R. Rohayati, E. Gatot, I. T. Darwis, and P. Paramita, “Implementasi program aplikasi rekapitulasi pembayaran SPP pada SMK Prima Tiara Makassar,” Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 1, no. 1, pp. 27–33, 2021.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Mashud, M., P, R., Askar, M. I., Hatta, M. S., & Hermawan, D. W. (2024). SOSIALISASI BISNIS DIGITAL UNTUK SISWA-SISWI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMKS PRIMA TIARA MAKASSAR). Jurnal Mitra Prima, 6(1). https://doi.org/10.34012/mitraprima.v6i1.4925