PROGRAM PEMBELAJARAN DAN PEMBERDAYAAN KEPADA MASYARAKAT DI KAMPUNG KAMNO SARI, PAPUA SELATAN

PROGRAM PEMBELAJARAN DAN PEMBERDAYAAN KEPADA MASYARAKAT DI KAMPUNG KAMNO SARI, PAPUA SELATAN

Authors

  • ika trisni simangunsong Universitas Musamus
  • Muhammad Irsyam
  • Puji Ratna Sari Universitas Musamus
  • Veronika Jamlean Universitas Musamus

Abstract

Kegiatan pengabdian ini merupakan aktualisasi dari program KKN. KKN menjadi perwujudan pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) dalam kurikulum pendidikan tinggi. Interaksi mahasiswa di masyarakat sebagai kelas kontekstual untuk belajar, dan wahana pendekatan melalui lintas keilmuwan yang bermanfaat bagi sasaran masyarakat.   Tim terdiri atas 10 orang mahasiswa, dan 1 orang dosen. Pelaksanaan selama 30 hari di Kampung Kamno Sari, Distrik Jagebob, Provinsi Papua Selatan. Metode pengabdian dilakukan dengan tahapan observasi, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Observasi dilakukan dengan tehnik wawancara dan pengamatan langsung. Perencanaan dilakukan setelah diperoleh masalah yang dapat diselesaikan oleh tim dengan melihat urgensi, latar belakang rumpun keilmuwan, dan kemampuan tim. Pelakasanaan kegiatan meliputi program pembelajaran komputer dasar bagi anak sekolah, pemberdayaan masyarakat dalam pembuatan naget, serta pembuatan papan identitas jalan. Evaluasi program diperoleh dengan mendapatkan masukan dari kepala desa, dan masyarakat sebagai bahan masukan bagi mahasiswa, dosen, dan juga Universitas. Dana program bersumber dari DIPA Universitas Musamus Tahun Anggaran 2024. Program ini disambut baik oleh pemerintah desa, dan masyarakat. Kebermanfaatannya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat.

Downloads

Published

2024-05-03

How to Cite

simangunsong, ika trisni, Irsyam, M. ., Ratna Sari, P. ., & Jamlean, V. . (2024). PROGRAM PEMBELAJARAN DAN PEMBERDAYAAN KEPADA MASYARAKAT DI KAMPUNG KAMNO SARI, PAPUA SELATAN: PROGRAM PEMBELAJARAN DAN PEMBERDAYAAN KEPADA MASYARAKAT DI KAMPUNG KAMNO SARI, PAPUA SELATAN. Jurnal Mitra Prima, 6(1). Retrieved from http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/mitra_prima/article/view/4898