HUBUNGAN INFEKSI SOIL TRANSMITTED HELMINTHS (STH) DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK SD PERGURUAN PAHLAWAN NASIONAL MEDAN

Authors

  • Dewi Setiyawati Poltekkes Kemenkes Medan
  • Suparni Suparni Poltekkes Kemenkes Medan
  • Suryani M.F. Situmeang Suryani Poltekkes Kemenkes Medan

DOI:

https://doi.org/10.34012/mitraprima.v5i2.4308

Keywords:

Infeksi Soil Transmitted Helminths, Prestasi Belajar, nilai

Abstract

Soil Transmitted Helminths dapat menyebabkan infeksi pada semua golongan umur. Penyakit ditularkan melalui  telur yang ada dalam feces manusia dan ditularkan setelah telur cacing tersebut kontak dengan tanah kemudian mengalami siklus hidup yang siap ditularkan kepada orang lain yang berdampak buruk bagi kesehatan dan terganggunya aktivitas orang yang terinfeksi. Anakk usia sekolah sangat rentan mengalamai infeksi kecacingan yang menyebabkan kehilangan semangat sehingga menurunnya perkembangan fisik dan dapat menimbulkan turunnya semangat belajar yang berdampak pada prestasi belajar anak. Tujuan penelitian ini untuk menentukan  hubungan infeksi Soil Transmitted Helminths dengan prestasi belajar pada anak  SD Perguruan Pahlawan Nasional  Medan, dilaksanakan bulan April  sampai Juli 2023. Metode penelitian adalah Cross Sectional Study. Populasi penelitian adalah 120 orang. Sampel sebanyak 54 orang. Data diperoleh dari hasil pemeriksaan Feces  dan nilai akhir semester  anak  SD Perguruan Pahlawan Nasional   Medan. Data diuji menggunakan uji Chi-Square dengan p value = 0,168. Hasil analisa menunjukkan  tidak ada hubungan antara infeksi Soill Transmitted Helminths dengan prestasi belajar siswa anak  SD Perguruan Pahlawan Nasional   Medan.

References

Prastiono, Ari. 2014. Hubungan Kejadian Kecacingan dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas

SDN 1 Purworejo Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran. Jurnal STIKes Aisyah , page 8.

Wahju Sardjono, Teguh, et al., 2017. Helmintologi Kedokteran dan Veteriner. Malang: UB Press.

Darmadi, H. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Handayani, et al., 2015. Hubungan Infeksi Soil Transmitted Helminths (STH) dengan Prestasi Belajar pada Siswa SDN 169 di Kelurahan Gandus Kecamatan Gandus Kota Palembang. Palembang: Majalah Kedokteran Sriwijaya (MKS).

Heri, F., Depari, A. A., & Panggabean, M. (2020). Relationship of Soil-transmitted Helminth and Enterobius vermicularis Infection with Anemic in Students in Aceh Besar. Global Medical & Health Communication (GMHC)

Hutabarat, Rodinda. 2013. Hubungan Infeksi Soil Transmitted Helminths dengan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar di SDN 060972 Simalingkar B Medan (Skripsi). Medan : FK Universitas Sumatera Utara.

Muhammad Jabbar Rahman Tapiheru, Nurfadly, 2021, Prevalensi Infeksi Soil Transmitted Helminth Pada Murid Sekolah Dasar Negeri 105296 Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, JIMKI Volume 8 No.3

|September2020–Februari2021

Natadisastra, D., et al., 2014. Parasitologi Kedokteran Ditinjau dari Organ Tubuh yang Diserang. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Noviastuti A. Infeksi Soil Transmitted Helminths. Majority. 2015

Kemenkes RI dalam Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2016. 2017. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2016. Tersedia pada : http://www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan- indonesia/Profil-Kesehatan-Indonesia-2016.pdf (Diakses pada 18 April 2018).

Puteri P, P., Nuryanto, N., & Candra, A. (2019). Hubungan Kejadian Kecacingan Terhadap Anemia Dan Kemampuan Kognitif Pada Anak Sekolah Dasar Di Kelurahan Bandarharjo, Semarang. Journal of Nutrition College

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Setiyawati, D., Suparni, S., & Suryani, S. M. S. (2023). HUBUNGAN INFEKSI SOIL TRANSMITTED HELMINTHS (STH) DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK SD PERGURUAN PAHLAWAN NASIONAL MEDAN. Jurnal Mitra Prima, 5(2). https://doi.org/10.34012/mitraprima.v5i2.4308

Most read articles by the same author(s)