Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Mempertimbangkan Kualitas Layanan dan Harga

Main Article Content

Anita Christine Sembiring

Abstract

Kepuasan pelanggan merupakan kunci keberhasilan suatu perusahaan. Semua perusahaan dituntut mampu bersikap dan bertindak cepat dan tepat dalam menghadapi persaingan di lingkungan bisnis yang bergerak sangat dinamis dan penuh dengan ketidakpastian. Pelayanan yang baik dan kepastian harga yang kompetitif merupakan salah satu faktor untuk memberikan kepuasaan kepada pelanggan. Sebuah distributor ban mobil memiliki masalah dengan penetapan harga jual yang ditawarkan jauh lebih tinggi daripada kompetitornya sehingga menurunya penjualan perusahaan. Marketing diberi kebebasan untuk memberikan harga kepada pelanggan sesuai dengan harga dasar yang diberikan oleh perusahaan. Dalam rangka meningkatan kepuasan pelanggan di masa yang akan datang maka dilakukan perbaikan pada kualitas layanan dan harga yang lebih baik. Pengujian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada pelanggan dan pengguna ban mobil kemudian melakukan uji validitas dan realiabilitas dan melakukan uji multivariat menggunakan software SPSS jika α > sig maka Ho ditolak dan Ha diterima pada tingkat signifikan 5 %. Dan hasil yang diperoleh α = 0,05 > sig.= 0,00 maka didapatkan hubungan yang linier antara variabel kualitas layanan dan harga terhadap kepuasaan pelanggan.

Article Details

Section
Articles