Strategi Pengembangan UMKM Berbasis Potensi Daerah Melalui Keunggulan Bersaing Menggunakan Metode SWOT dan QSPM
Main Article Content
Abstract
UMKM sebagai penggerak perekonomian nasional mampu bertahan dalam segala kondisi yang dihadapi. UMKM berbasis pengolahan hasil tambak adalah salah satu sektor industri kreatif yang dihasilkan dari potensi daerah yang ada di pesisir. Kekayaan hasil perikanan yang besar sebagai faktor pendukung dalam keberlangsungan UMKM di Desa Mengare Gresik. Adanya pandemi Covid-19 mengakibatkan turunnya tingkat penjualan dan nilai jual produk secara global. Untuk itu dibutuhkan analisis terhadap faktor internal dan eksternal dalam meningkatkan keunggulan bersaing UMKM dimasa akan datang. Analisis SWOT dan QSPM digunakan untuk mengetahui kondisi UMKM dan menyusun strategi alternatif untuk meningkatkan keunggulan bersaing. Analisis menunjukan skor IFAS sebesar 3,5937 dan skor EFAS sebesar 3,7133. Posisi UMKM Desa mengare berada pada kuadran 1. Hasil analisis menggunakan teknik QSPM diperoleh bahwa strategi alternatif yang menjadi prioritas adalah strategi pertama dengan nilai skor TAS sebesar 2,20270 yaitu Meningkatkan penjualan dengan memperluas segmentasi pasar melalui digitalisasi marketing
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.