Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Untuk Pengambilan Keputusan Pembelian Sepatu BATA

Main Article Content

Indira Ruth
Anita Christine Sembiring

Abstract

Toko sepatu Bata adalah perusahaan yang bergerak dibidang usaha menjual sepatu bata, tas dan berbagai jenis assesoris lainnya yang berkaitan dengan sepatu. Toko sepatu Bata menjual juga menjual sepatu merek lain seperti 1) Northstard; 2) Bublegummes; 3) Weinbrenner; 4)Power; 5) Mocasino; 6) Pata-pata. Sepatu Bata merupakan sepatu yang banyak digemari oleh masyarakat baik untuk kegiatan sekolah, kerja dan aktivitas lainnya. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kualitas terhadap keputusan pembelian sepatu, pengaruh harga terhadapa keputusan pembelian sepatu dan pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian sepatu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif dengan populasi konsumen yang membeli sepatu Bata di toko sepatu Bata. Toko sepatu Bata ini terletak di Jalan Iskandar Muda Medan. Sampel populasi yang digunakan sebanyak 50 orang dengan metode purpose sampling. Hasil uji validitas instrumen yang digunakan valid dengan ketentuan rhitung > 0,2353 (rtabel). Uji reabilitas instrument menggunakan cronbach alpha untuk variabel kualitas produk (0,705), harga (0,563), citra merek (0,431, keputusan pembeli (0,406) lebih besar dari rtabel (0.2353) sehingga instrumen yang digunakan reliabel. Hasil penelitian penjualan sepatu di took sepatu Bata menunjukan bahwa 1) peningkatan kualitas produk berpengaruh terhadap peningkatan keputusan pembeli (thitung (0,284) >ttabel (1,678)); 2) peningkatan harga berpengaruh terhadap peningkatan keputusan pembeli (thitung (0,459) >ttabel (1,677)); 3) peningkatan citra merek berpengaruh terhadap peningkatan keputusan pembeli (thitung (0,240) >ttabel (1,677)). Kualitas produk, harga dan citra merek memiliki korelasi yang erat dalam pengambilan keputusan pembelian sepatu sebesar 56,5%.

Article Details

Section
Articles