Pengembangan Bisnis Tour and Travel di Masa Pandemi COVID 19 ( Studi kasus : Pt. Milala Wisata)

Main Article Content

Andes Stefen sembiring

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil penelitian kualitatif dan kuantitafi dengan menggunakan metode analisis SWOT, STP, Marketing mix 7P, dan Cashflow selama 3 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan usaha PT. Milala Wisata Tour & Travel di masa pandemi Covid-19 dengan cara membuat sidebussines kuliner khas daerah agar mainbussines tetap bertahan. Analisis SWOT adalah suatu cara untuk mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis dalam rangka merumuskan strategi perusahaan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan observasi langsung yang dilakukan pada perusahaan dan melakukan wawancara dengan owner/pemilik PT. Milala Wisata Tour & Travel. Kemudian juga dengan menambahkan dari buku-buku bacaan dan juga sumber lain yang berhubungan dengan judul penelitian. Adapun strategi marketing mix 7P meliputi price, product, process, people, physical evidance, promotion, place. Untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, dan kelayakan sidebussines kuliner khas, terlebih dahulu dilakukan analisis untuk mengetahui bagaimana target pasar. Data yang diperoleh dari hasil pengumpulan dan kemudian dianalisis dengan menggunakan Internal Rate of Return & Cashflow selama 3 tahun untuk melihat tingkat kelayakan sidebussines kuliner khas cocok dan mampu menopang mainbussines  usaha Travel. Hasil penelitian dari Cashflow selama 3 tahun menunjukkan bahwa sidebussnis kuliner khas layak untuk direalisasikan sebagai penopang mainbussines di masa pandemi Covid-19. Sidebussines kuliner khas memiliki kekuatan dan sejalanan dengan bisnis travel sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada.

Article Details

Section
Articles