TERAPAN METODE COGNITIVE MAPPING APPROACH UNTUK MODEL MENTAL LINGKUNGAN DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Authors

  • Aliah B. Purwakania Hasan Universitas Al Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34012/psychoprima.v1i2.375

Keywords:

Pendidikan Lingkungan, Pendekatan Pemetaan Kognitif, Model Mental Lingkungan, Psikologi Lingkungan

Abstract

Untuk mengatasi masalah lingkungan yang terjadi pada saat ini, penyelenggaraan pendidikan lingkungan untuk pembangunan yang berkelanjutan merupakan kebutuhan yang tidak dapat diingkari. Pendidikan ini penting untuk membentuk perilaku pro-lingkungan. Pemikiran manusia tentang interaksi lingkungan dan manusia sangat menentukan bagaimana perilaku lingkungan seseorang. Pemikiran ini terpetakan dalam sistem ingatan manusia dalam bentuk model mental lingkungan. Makalah ini bertujuan untuk membahas bagaimana Cognitive Mapping Approach (CMA) dapat menjadi alat untuk mengevaluasi model mental lingkungan dalam dunia pendidikan. Sebagai studi kasus, dipergunakan penelitian yang dilakukan oleh Melissa R. Wuellner, Leslie Vincent, dan Brandi Felts (2017) pada peserta mata kuliah konservasi lingkungan di South Dakota State University. Hasil dari penerapan metode CMA ini menunjukkan implikasi evaluasi model mental mahasiswa terhadap pendidikan lingkungan, dan dampak kompleksitas bentuk model mental lingkungan bagi interaksi dan harmonisasi kehidupan manusia dan lingkungannya.Artikel ini membahas bagaimana menerapkan metode CMA untuk mengevaluasi model mental lingkungan dalam dunia pendidikan di Indonesia.  Saran bagi pengembangan metode CMA juga dibahas sebagai pendekatan evaluatif dalam pendidikan lingkungan.

Downloads

Published

2019-01-21

How to Cite

Purwakania Hasan, A. B. (2019). TERAPAN METODE COGNITIVE MAPPING APPROACH UNTUK MODEL MENTAL LINGKUNGAN DALAM DUNIA PENDIDIKAN. Psikologi Prima, 1(2), 76-98. https://doi.org/10.34012/psychoprima.v1i2.375

Issue

Section

Articles