Tingkat pengetahuan, status kesehatan gigi dan mulut, dan Program UKGS

Authors

  • Jessey Graldine Olivia Siahaan Siahaan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prima Indonesia
  • Suci Erawati Universitas Prima Indonesia
  • Astari Dwi Jayanti Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prima Indonesia
  • Kelvin Kelvin Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34012/primajods.v1i2.2679

Keywords:

pengetahuan, status kesehatan gigi dan mulut, siswa SD, UKGS

Abstract

Salah satu program puskesmas dalam meningkatkan kesehatan gigi dan mulut dengan program UKGS yang ditujukan bagi anak usia sekolah di lingkungan sekolah dari tingkat pelayanan promotif, promotif-preventif, hingga pelayanan paripurna UKGS. Penelitian ini bertujuan ntuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan dan status kesehatan gigi dan mulut siswa pada SD yang aktif menjalankan program UKGS dengan SD yang tidak aktif menjalankan program UKGS. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan dengan desain cross sectional. Penelitian dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Tanjung Rejo Kabupaten Deli Serdang pada bulan Juni sampai bulan Desember 2017 dengan pertimbangan di wilayah kerja puskesmas tersebut ditemukan SD yang aktif menjalankan program UKGS dengan SD yang tidak aktif menjalankan program UKGS. Dari seluruh SD yang terdapat di wilayah Puskesmas Tanjung Rejo, dipilih 2 SD yang mewakili pencapaian program UKGS yang aktif (SD MIS Al-Barkah) dengan UKGS tidak aktif (SD Negeri No.101777). Setelah mendapatkan sekolah yang mewakili UKGS aktif dengan UKGS tidak aktif, lalu dilakukan penentuan jumlah sampel yang diperlukan. Penentuan besar sampel menggunakan rumus uji hipotesis satu populasi dan diperoleh besar sampel sebanyak 90 responden. Pengumpulan data dilakukan secara langsung dengan memberikan kuesioner dan pemeriksaan klinis kepada sampel. Alat dan bahan yang digunakan adalah kaca mulut, sonde, pinset, ekskavator, nirbeken, gelas, air, alkohol, betadine, kapas. Pemeriksaan klinis dilakukan dengan pemeriksaan karies gigi dan dilakukan penilaian berdasarkan skor DMF-T. Analisis data menggunakan Mann-Whitney U test. Berdasarkan analisis data menggunakan Mann-Whitney U test menunjukkan ada perbedaan yang signifikan dari nilai rata-rata pengetahuan kesehatan gigi dan mulut antara sekolah program UKGS aktif dengan sekolah program UKGS tidak aktif (0,000). Ada perbedaan yang signifikan dari nilai rata-rata skor DMF-T antara sekolah program UKGS aktif dengan sekolah program UKGS tidak aktif (0,000). Nilai rata-rata pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada sekolah UKGS aktif sebesar 7,867 ± 1,517 dengan UKGS tidak aktif sebesar 5,822 ± 1,403. Nilai rata-rata skor DMF-T pada sekolah UKGS aktif sebesar 1,356 ± 0,679 dengan sekolah UKGS tidak aktif sebesar 3,778 ± 1,259.

Published

2018-10-04

How to Cite

Siahaan, J. G. O. S., Erawati, S., Jayanti, A. D., & Kelvin, K. (2018). Tingkat pengetahuan, status kesehatan gigi dan mulut, dan Program UKGS . Prima Journal of Oral and Dental Sciences, 1(2), 45-49. https://doi.org/10.34012/primajods.v1i2.2679