Gambaran Tingkat Pengetahuan Personal Higiene Terhadap Kecacingan Soil Transmitted Helminths pada Murid SD Al-Jam’iyatul Washliyah di Kota Medan

Main Article Content

Carolina Carolina
Ali Napiah Nasution

Abstract

Latar belakang: Di Indonesia masih banyak penyakit yang merupakan masalah kesehatan, salah satu diantaranya ialah penyakit infeksi cacing yang ditularkan melalui tanah. Penyakit kecacingan yang ditularkan melalui tanah (STH) berdampak negatif terhadap kemampuan kognitif, mempengaruhi tingkat prestasi belajar di sekolah karena kecacingan akan menghambat mereka dalam mengikuti pelajaran dikarenakan anak akan merasa cepat lelah, daya konsentrasi menurun, malas belajar dan pusing. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan personal higiene terhadap kecacingan Soil Transmitted Helminths pada murid SD Al-Jam’iyatul Washliyah Washliyah Km 6 Tg. Mulia Kec. Medan Deli. Metode: Rancangan penelitian menggunakan metode penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi yang akan diteliti pada penelitian ini adalah murid kelas I, II, III, IV, V, dan VI SD Al-Jam’iyatul Washliyah Washliyah Km 6 Tg. Mulia Kec. Medan Deli. Hasil: Dari hasil penelitian didapatkan bahwa hampir dari sebagian besar sampel positif kecacingan dengan tingkat pengetahuan personal higiene yang cukup dan rendah. Pihak sekolah disarankan agar memberikan penyuluhan tentang pengetahuan, sikap, dan tindakan berupa personal higiene seperti setiap mandi harus menggunakan sabun, mencuci tangan dengan sabun sesudah buang air besar dan setelah kontak dengan tanah, memakai alas kaki bila bermain dan keluar rumah, memotong kuku apabila sudah panjang, menggunakan air minum yang bersih, meminum air yang sudah dimasak dengan matang, tidak buang air besar di sembarang tempat, menyediakan jamban yang sehat dan air bersih untuk anak sekolah untuk mencegah kecacingan.

Article Details

How to Cite
Carolina, C., & Nasution, A. N. . (2022). Gambaran Tingkat Pengetahuan Personal Higiene Terhadap Kecacingan Soil Transmitted Helminths pada Murid SD Al-Jam’iyatul Washliyah di Kota Medan. PRIMER (Prima Medical Journal), 4(1), 1-7. https://doi.org/10.34012/pmj.v4i1.3063
Section
Articles

References

Chandra Budiman, Kontrol Penyakit Menular pada Manusia, Jakarta: EGC, 2013.

Depkes RI, 2006. Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 424/MENKES /SK/VI/2006 tentang Pedoman Pengendalian Cacingan (diakses 31 Oktober 2015) Available at : http://www.hukor.Depkes. go.id/up_prod_kepmenkes/KMK%20No.%20424%20ttg%20Pedoman%20Pengendalian%20Cacingan.pdf.

Djaenudin Natadisastra, 2009. Dasar-dasar Parasitologi Kedokteran. Dalam: Djaenudin Natadisastra & Ridad Agoes, Parasitologi Kedokteran: Ditinjau dari Organ Tubuh yang Diserang. Jakarta: EGC.

Ginting A: Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Kecacingan Pada Anak Sekolah Dasar Di Desa Tertinggal Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir Tahun 2008-2009. USU. (diakses 31 oktober 2015)Available at:http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/14707/1/09E00823.pdf

Hadidjaja Pinardi, Prof.Dr.dr, MPH&TM, Margono Sri S., Prof.dr.SpParK. 2011. Penyakit yang Disebabkan Cacing yang Ditularkan Melalui Tanah dan Oksiuriasis. Dasar Parasitologi Klinik Edisi Pertama. Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Irianto Koes, Parasitologi Medis, Bandung: ALFABETA, 2013.

Isro’in laily dan Andarmoyo sulistyo. 2012.Personal Hygiene Konsep, Proses, dan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan. Yogyakarta: Graha ilmu.

Kemenkes RI. Profil Kesehatan Indonesia 2009. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta: Indonesia. 2010.

Kementrian Kesehatan RI, Pedoman Pengendalian Kecacingan: Jakarta, 2012.

Lobato L., A. Miranda, I. M. Faria, J. M Bethony, and M. F. Gazzinelli. Development of cognitive abilities of children infected with helminths through health education. Rev. Soc. Bras Med. Trop.,2012 45 (4): 514-519.

Mansfield LS, Schad GA. 1995. Lack of Transmammary Transmission of Strongyloides stercoralis from a Previously Hyperinfected Bitch to Her Pup. J Helminthol Soc.

Natadisastra D dan Ridad Agoes, 2009. Parasitologi kedokteran ditinjau dari organ tubuh yang diserang, Jakarta: EGC.

Notoatmodjo. 2011. Kesehatan Masyarakat : Ilmu dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta.

Peraturan UU No. 36 Tahun 2009. (diakses 31 Oktober 2015) Available at : http://www. kemenpppa.go.id/jdih/peraturan/UU_NO_36__2009.pdf.

Pratiwi, ST. 2008. Mikrobiologi Farmasi. Yogyakarta: Erlangga.

Pusat promosi kesehatan Kementerian Kesehatan RI, PHBS. (diakses 31 Oktober 2015) Available at : http://promkes.depkes.go.id/pola-hidup-bersih-sehat/.