http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/JUTIKOMP/issue/feed JURNAL TEKNOLOGI DAN ILMU KOMPUTER PRIMA (JUTIKOMP) 2020-10-28T20:43:32+00:00 Mawaddah Harahap jutikomp@unprimdn.ac.id Open Journal Systems <p>JURNAL TEKNOLOGI DAN ILMU KOMPUTER PRIMA (JUTIKOMP) diterbitkan oleh Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan sejak April 2018. Terbit secara berkala dua kali dalam setahun pada bulan April dan Oktober. Dengan e-ISSN : <a href="http://www.issn.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1501645443&amp;2926&amp;&amp;2017">2621-234X</a>, DOI : 10.34012/jutikomp.v1i1, Indexing :<a href="https://scholar.google.com/citations?hl=id&amp;user=9qbfAfAAAAAJ&amp;scilu=&amp;scisig=AMD79ooAAAAAX3LxF8Qmdrhj5X_ouFEBqhr73q0slmOP&amp;gmla=AJsN-F4sal8zWf79y7QofekqS5FHT0MGQHfzwknh3-uoMI6pA69TPZCeNPM5j94PG5XMTT0ekhneTk3wJyPPPXq1iPCariDCFREqHD3Y_cA97sSNmTVShHJGWaQAG-ooVMHYd2-WXwO0&amp;sciund=5433047283737541412"> Google Scholar</a>; <a href="http://garuda.ristekbrin.go.id/journal/view/14214">Garuda</a>; PKP. JUTIKOMP memuat naskah hasil-hasil penelitian di bidang Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer dan berkomitmen untuk memuat artikel berbahasa Indonesia yang berkualitas dan dapat menjadi rujukan utama para peneliti dalam bidang Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer.</p> <p><strong>Ruang lingkup</strong><br />Visi Komputer; Pembelajaran Mesin; Data Mining; Analisis Big Data; Pemrosesan Bahasa Alami, Sentimen Analisis, Sosial Media Analisis; Kecerdasan Robotik; Kecerdasan Buatan; Pemrosesan Gambar dan Pengenalan Pola; Keamanan Komputer; Interaksi Komputer Manusia; Intelijensi Bisnis</p> http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/JUTIKOMP/article/view/1321 Perbandingan Metode Random Forest Dan Naïve Bayes Dalam Prediksi Keberhasilan Klien Telemarketing 2020-10-14T10:17:40+00:00 Ricky Leonardo rickyleonardooo@gmail.com Janis Pratama janispratama6@gmail.com Chrisnatalis Chrisnatalis christ.natalis@gmail.com <p>Telemarketing adalah salah satu metode promosi menggunakan media media telepon. Salah satu contoh dari penggunaan telemarketing ada pada bank seperti&nbsp;&nbsp; promosi deposito. Perlu dilakukan prediksi terhadap keputusan klien terhadap telemarketing untuk membantu kinerja telemarketing. Pada penelitian ini, data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dari website Machine Learning UCI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Naïve Bayes, dan Random Forest. Sebelum melakukan pelatihan dan pengujian, dilakukan praproses data terhadap data-data tersebut. Metode praproses yang digunakan adalah normalisasi data, pengubahan data kategori. Setelah melakukan pengujian, dapat disimpulkan bahwa Algoritma Random Forest lebih tepat digunakan untuk kasus prediksi keputusan klien. Hal ini terlihat dimana akurasi yang didapatkan adalah 90%, dimana&nbsp; lebih tinggi 5% dibandingkan algoritma Naïve Bayes. Nilai dari AUC dari algoritma Random Forest adalah 0.97 dimana lebih tinggi 1,3 dibandingkan algoritma Naïve Bayes.</p> 2020-10-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 JURNAL TEKNOLOGI DAN ILMU KOMPUTER PRIMA (JUTIKOMP) http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/JUTIKOMP/article/view/1339 SISTEM REKOMENDASI FILM DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY SEMANTIK 2020-10-14T10:19:40+00:00 Abdullah Muhazir muhazir@itm.ac.id Fachrul Rozi f.rozilubis@gmail.com <p>Metode yang sering digunakan dalam sistem rekomendasi adalah metode <em>collaborative filtering</em>.Namun, metode <em>collaborative filtering</em> memiliki masalah <em>sparsity</em> dan <em>cold start</em>.Masalah <em>sparsity</em> muncul ketika jumlah <em>rating</em> yang diperoleh masih sedikit dan tidak cukup ketika dibandingkan dengan jumlah <em>rating</em> yang akan diprediksi. Sementara itu, masalah <em>cold start</em> merujuk ke dua masalah berbeda namun saling berhubungan, yaitu <em>user</em> baru dan item baru. Untuk menyelesaikan permasalahan diatas, akan digunakan algoritma rekomendasi <em>fuzzy</em> semantikyang mengintegrasikan teknik <em>item-based fuzzy semantic similarity</em> dan <em>item-based fuzzycollaborative filtering</em> (CF) <em>similarity</em> untuk meningkatkan performansi dari proses rekomendasi. Teknik <em>item-based fuzzy semantic similarity</em>akan menganalisis kumpulan film yang telah diberi <em>rating</em> oleh <em>user</em> berdasarkan pada matriks <em>rating user-item</em> dan menghitung kemiripannya dengan film baru dalam sistem dan memilih k buah film yang paling mirip. Sementara itu, teknik&nbsp; <em>item-based fuzzycollaborative filtering</em> (CF) <em>similarity </em>menggambarkan derajat hubungan antara item berdasarkan rating semantik. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem yang menerapkan metode Fuzzy Semantik untuk memberikan rekomendasi film kepada pemakai. Sistem yang dibuat menyediakan berbagai fasilitas bagi pemakai dalam melakukan penambahan dan pengubahan data film, memberikan rating film serta memperoleh rekomendasi film. Selain itu, aplikasi juga menyediakan sebuah fasilitas pengujian terhadap metode Fuzzy Semantik.</p> 2020-10-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 JURNAL TEKNOLOGI DAN ILMU KOMPUTER PRIMA (JUTIKOMP) http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/JUTIKOMP/article/view/1360 Rancangan Sistem Video Conference e-Learning di Universitas Hararapan Medan 2020-10-21T10:05:35+00:00 Edy Rahman Syahputra ydeaja@yahoo.com Nurindah Anggraini nurindahanggraini97@gmail.com <p>Pembelajaran secara elektronik (<em>e-learning</em>) digunakan untuk proses pembelajaran jarak jauh. Di Univerisitas Harapan Medan sendiri selama ini perkuliahan dilaksanakan secara langsung tatap muka. Dengan adanya masa pandemic ini, UnHar Medan memerlukan aplikasi yang dapat memfasilitasi proses perkuliahan secara online. Apliaksi <em>e-learning</em> yang dibangun berbasis web dengan menerapkan metode spiral. Untuk mefasilitasi dosen dan mahasiswa agar dapat berinteraksi dibuthkan penambahan fitur <em>video conference</em> didalam aplikasi. Hasil peneltian ini tersedianya aplikasi <em>e-learning</em> yang dibangun dengan menerapakan metode spiral dan berfungsi dengan baik. Dengan adanya aplikasi e-learning ini dapat membantu para dosen dan mahasiswa di lingkungan Universitas Harapan Medan dalam melaksanakan perkuliahan secara online. Dengan adanya fitur tambahan berupa video conference pada aplikasi dapat memudahkan interaksi antara Dosen dan Mahasiswa. Pemanfaatan menu <em>video conference</em> masih terbatas jumlah room yang tersedia.</p> 2020-10-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 JURNAL TEKNOLOGI DAN ILMU KOMPUTER PRIMA (JUTIKOMP) http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/JUTIKOMP/article/view/1362 Peningkatan Kompetensi Usaha Mikro Kecil Menengah Menjadi Eksportir dengan Memanfaatkan Aplikasi e-Learning 2020-10-18T09:16:12+00:00 Edy Rahman Syahputra ydeaja@yahoo.com Nurul Maulidha nurulmaulidha21@gamil.com Yanty Faradilla Siahaan yantyfaradilla@gmail.com Fachrul Rozi Lubis f.rozilubis@gmail.com <p>Perkembangan jumlah unit usaha kecil menengah yang terus meningkat, tentunya akan dapat membuka peluang lapangan kerja yang besar. UMKM menjadi penyokong dalam sistem ekonomi rakyat, yang dimaksudkan untuk mengurangi permasalahan kemiskinan. Hasil produk dari pelaku UMKM saat ini sudah banyak yang merambah pasar dunia internasional. Di Indonesia sendiri eksportir masih sangat dibutuhkan, seorang eksportir haruslah memiliki kemampuan atau kompetensi dalam melakukan aktivitas pengiriman komoditas menuju negara lain yang baik, bagaimanan kebutuhan situasi dan kondisi manajemen penjualan, dan fungsi manajemen baik berupa produk dan jasa. Untuk melahirkan eksportir yang kompeten, dibutuhkan pembelajaran secara berkesinambungan, dan didukung fasilitas belajar. Untuk mendungkung fasilitas pembelajaran dan peningkatan kompetensi para pelaku UMKM dibutuhkan media yang berbasis teknologi. E-learning merupakan teknologi berkembang di dunia Pendidikan. Aplikasi e-learning sudah banyak di gunakan dan dikembangkan untuk berbagai sector Pendidikan. Untuk itu peneliti mengembangkan aplikasi e-learning dengan berbasis web untuk peningkatan kemampuan kompetensi para pelaku UMKM. Aplikasi yang dibangun berbasis web dan untuk pengukuran efektifitasnya digunakan metode UTAUT. Hasil penelitian menunjukan aplikasi e-learning yang dibangun berjalan dengan baik tanpa ditemukan error pada saat di uji coba dengan black box. Aplikasi e-learning ini sangat membantu para pelaku UMKM dalam belajar menjadi eksportir.</p> 2020-10-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 JURNAL TEKNOLOGI DAN ILMU KOMPUTER PRIMA (JUTIKOMP) http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/JUTIKOMP/article/view/1364 APLIKASI PENGENALAN PERMAINAN TRADISIONAL 2020-10-21T05:30:56+00:00 Vionika Sari br Tarigan jamaluddin@methodist.ac.id Junika Napitupulu jamaluddin@methodist.ac.id Jamaluddin Jamaluddin jac.satuno@gmail.com Marlyna Infryanty Hutapea jamaluddin@methodist.ac.id <p>Kemajuan teknologi yang tidak terbendung sekarang ini sudah hampir terserap merata ke dalam berbagai aspek kehidupan kita sehari-hari. Hal ini juga memicu adanya pergeseran budaya, kebiasaan, dan perilaku. Permainan tradisional yang sudah diwariskan turun temurun memiliki berbagai peran pendidikan yang saat ini kita lihat pada generasi muda yang tumbuh dengan permainan modern. . Berawal dari gagasan inilah tercetus ide perancangan yang mampu menghubungkan permainan tradisional dan permainan modern. Penggabungan tradisi beda generasi ini bukanlah tidak mungkin terjadi. Dengan memanfaatkan media modern yang lebih personal dan interaktif, mengajak, menginformasikan, dan mendidik bisa jadi jauh lebih menarik. Dalam aplikasi pengenalan permainan tradisional ini terdapat berbagai ajakan, informasi, serta berbagai fasilitas lain yang mampu memfasilitasi generasi modern untuk melihat kembali, betapa menyenangkannya permainan yang mereka belum banyak tahu hingga kini.</p> 2020-10-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 JURNAL TEKNOLOGI DAN ILMU KOMPUTER PRIMA (JUTIKOMP) http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/JUTIKOMP/article/view/1376 SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN EVALUASI LOKET PEMESANAN TIKET PO MEDAN JAYA MENGGUNAKAN METODE K-MEANS 2020-10-28T20:42:32+00:00 Ahmad Zakir suratzakir@gmail.com M Syahrir Bayudi m.syahrir.bayudi@gmail.com Nurjamiah Nurjamiah nurjamiyah7@gmail.com <p><strong><em>Abstrak-Pengambilan keputusan adalah suatu pendekatan yang sistematis pada hakekat suatu masalah, pengumpulan fakta-fakta, penentuan yang matang dari alternatif-alternatif yang dihadapi, dan pengambilan tindakan yang menurut perhitungan merupakan tindakan yang paling tepat. Pembuat keputusan kerap dihadapkan pada kerumitan dan lingkup pengambilan keputusan dengan data yang begitu banyak. PO Medan Jaya mengalami permasalahan dimana masih kurangnya efektifitas dan efesiensi dalam pencarian data dan informasi yang di perlukan untuk melakukan evaluasi penentuan loket yang berpotensi. Untuk menangani permasalahan tersebut maka dibuat sistem pendukung keputusan berbasis website. Dalam penerapan ini, dengan menggunakan metode pengembangan sistem waterfall, serta menggunakan metode clustering k-mens. Dari data yang diolah dengan sampel data yang diambil PO Medan Jaya, maka menghasilkan dua jenis kelompok data yaitu loket yang berpotensi dan kurang berpotensi, sehingga dengan adanya pengelompokkan data ini pihak PO Medan Jaya dapat mengetahui loket mana yang lebih berpotensi. Dengan adanya sistem pendukung keputusan menggunakan k-means, maka sistem dapat memenuhi kebutuhan pengelompokan data pada PO Medan Jaya secara efektif dan efisien memberikan kemudahan menganalisis pengelompokan data. Sehingga pimpinan dapat melakukan evaluasi dengan baik terhadap informasi yang di dapat. </em></strong></p> 2020-10-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 JURNAL TEKNOLOGI DAN ILMU KOMPUTER PRIMA (JUTIKOMP) http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/JUTIKOMP/article/view/1377 EVALUASI PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI ATAS PENDAPATAN SEWA KAMAR HOTEL SECARA ONLINE PADA GRAND SAKURA HOTEL MEDAN 2020-10-28T20:43:32+00:00 Desi R. Sinambela desisinambela11@gmail.com Dimita Hemalli Premasari Purba dimitahppurba@gmail.com Jamaluddin Jamaluddin jac.satuno@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai pendapatan sewa kamar hotel secara online oleh Grand Sakura Hotel Medan. Dalam penulisan skripsi ini jenis data yang digunakan adalah data sekunder, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Penulis telah melakukan analisis dan juga telah mendapatkan hasil terhadap evaluasi penerapan sistem informasi akuntansi sewa kamar hotel secara online pada Grand Sakura Hotel Medan, Dan dapat diambil beberapa kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan yaitu: a) Pelaksanann pemesanan kamar secara online melalui aplikasi yang disediakan sudah memenuhi standart yang telah disediakan perusahaan. b) Dokumen dokumen yang di gunakan oleh perusahaan dalam pemesanan kamar secara online telah cukup dan memadai. c) Pencatatan pendapatan sudah menggunakan SAP (System Aplication and Processing).</p> 2020-10-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 JURNAL TEKNOLOGI DAN ILMU KOMPUTER PRIMA (JUTIKOMP)