SPK Penerimaan Guru di SMK Swasta Musda Perbaungan dengan Metode SAW

Authors

  • Ramlah Sinaga STMIK Pelita Nusantara
  • Penda Hasugian STMIK Pelita Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.34012/jutikomp.v2i2.673

Keywords:

Teacher Candidates, SAW Method, Weight Criteria, Ranking, Highest Value

Abstract

Sistem informasi berkembang sesuai fungsi dan sasaran pengguna aplikasi yang dirancang. Perkembangan era industri mengeser sistem manual menjadi teknologi informasi bersifat terbuka dan uptodate. Sekumpulan tools komputer yang terintergrasi mengijinkan pembuat keputusan untuk berinteraksi langsung dengan komputer. Pengambil keputusan level paling tinggi harus mengetahui sifat keputusan yang diambil. SAW merupakan Sistem Pengambil Keputusan berdasarkan penjumlahan berbobot. Selama ini penerimaan guru di SMK Musda Perbaungan tertutup dan kurang objektif. Dalam riset diperoleh data 10 calon guru dengan ketetapan 7 kriteria. Perhitungan akan sesuai dengan metode ini apabila calon guru yang terpilih memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Penelitian ini menerapkan perhitungan SAW untuk menentukan guru yang diterima menjadi guru. Dari data calon guru dan data kriteria dilakukan perhitungan SAW menghasilkan matriks dan normalisasi. Hasil nilai akhir dari perangkingan menentukan urutan nilai calon guru. Rancangan terdiri dari form-form yang mudah dioperasikan user sehingga memudahkan pengambil keputusan menentukan guru menggunakan Visual Studio 2010.

References

[1] Adi Nugroho (2010). Rekayasa Perangkat Lunak Berbasis Objek dengan Metode USDP. Andi. Yogyakarta.
[2] Moch. Ali Ramdhani, Chandra Arfiansyah, Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Penilaiankinerja Dosen Berbasis Web Menggunakan Metode Saw Pada STMIK-IM Bandung, Jurnal Informasi Volume X No.2 hal 14-18, November 2018.
[3] Rima Melati Munthe, Anita Sindar RMS, Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Karyawan Terbaik Dengan Metode AHP, JISKa, Vol. 3, No. 2, September, 2018, Pp. 119 – 125.
[4] Fifin Sonata, Implementasi Metode Simple Additive Weighting (SAW) Dengan Proses Fuzzifikasi Dalam Penilaian Kinerja Dosen Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi Vol. 5 No. 2, hal 71-80, Desember 2016.
[5] Yogi Kurnia, Arjon Samuel Sitio, Anita Sindar, Penilaian Kinerja Guru Menggunakan Metode Topsis, JSAI, Volume 1 Nomor 3, November 2018, hal : 70-75.
[6] Edi Ismanto, Noverta Effendi, Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Dengan Metode Simple Additive Weighting(SAW), SATIN -Sains dan Teknologi Informasi, Vol. 03, No. 01, Juni 2017.
[7] Agus Faizin, Edy Mulyanto, Penerapan Metode Simple Additive Weighting (Saw) Untuk Seleksi Tenaga Kerja Baru Bagian Produksi, (Studi Kasus Pada PT. Jesi Jason Surja Wibowo).
[8] Dewi Lestari, Anita Sindar RMS, Penentuan Karyawan Kontrak Menjadi Karyawan Tetap Pt. Timbang Deli Dengan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP), Jurnal Teknologi, Vol. 8 Issue 2 Oktober 2018, Hal 27-37.
[9] Anita Sindar RMS, Jamal Purba, Penentuan Karyawan Lembur dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP), Jurnal Inkofar * Volume 1 No. 2, Desember 2018, hal 40-50.
[10] Husni Faqih, "Implementasi DSS Dengan Metode Saw Untuk Menentukan Prioritas Pekerjaan Operasi Dan Pemeliharaan Sistem Irigasi Dpu Kabupaten Tegal," Bianglala Informatika, vol. II, no. 1, Maret 2014.

Downloads

Published

2019-10-02

How to Cite

Sinaga, R., & Hasugian, P. (2019). SPK Penerimaan Guru di SMK Swasta Musda Perbaungan dengan Metode SAW. JURNAL TEKNOLOGI DAN ILMU KOMPUTER PRIMA (JUTIKOMP), 2(2), 371-374. https://doi.org/10.34012/jutikomp.v2i2.673