Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Crew Store Terbaik Menggunakan Metode Profile Matching di PT Sumber Alfaria Trijaya

Authors

  • Siti Khoiriyah STMIK Nusa Mandiri
  • Yunita Yunita STMIK Nusa Mandiri
  • Agus Junaidi Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.34012/jutikomp.v2i2.668

Keywords:

Decision Support System; Profile Matching; The best crew store

Abstract

Dalam penentuan sistem  pendukung keputusan penilaian kinerja crew store terbaik di PT Sumber Alfaria Trijaya. Terdapat beberapa faktor kriteria dalam pengambilan keputusan kriteria tersebut. Kriteria penilaiannya adalah sikap kerja, komunikasi team work, hasil kerja, dan kedisiplinan. Pada saat ini proses penilaian kinerja cres store PT Sumber Alfaria Trijaya belum terdapat sistem pemilihan crew store dan penilaian masih bersifat subjektif, sehingga proses yang dilakukan masih kurang efektif dan sering mengalami kesulitan dalam pembuatan keputusan. Untuk itu sistem pendukung keputusan sangat membantu dalam hal pengambilan keputusan, dari penilaian kemudian di analisis dengan menggunakan metode profile matching. Dengan metode ini maka PT Sumber Alfaria Trijaya lebih mudah membuat keputusan dalam penilaian kinerja crew store yang sesuai dengan kemampuannya. Penelitian ini adalah untuk mengetahui rangking/bobot nilai dalam penilaian kinerja crew store yang terbaik di PT Sumber Alfaria Trijaya. Dengan adanya penilaian tersebut karyawan bisa dipromosikan sebagai Assistant Chief of store, atau akan diperpanjang masa kerjanya.

References

I. G. B. Subawa, I. M. A. Wirawan, and I. M. G. Sunarya, “Pemilihan Pegawai Terbaik Menggunakan Metode Simple Additive Weighting ( SAW ) di PT Tirta Jaya Abadi Singaraja,” Karmapati, vol. 4, no. 5, 2015.

R. I. Handayani, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Berprestasi Dengan Metode Profile Matching Pada PT. Sarana Inti Persada (SIP),” Pilar Nusa Mandiri, vol. 13, no. 1, pp. 28–34, 2017.

N. Nurjannah, Z. Arifin, and D. M. Khairina, “Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Sepeda Motor Dengan Metode Weighted Product,” J. Inform. Mulawarman, vol. 10, no. 2, pp. 20–24, 2015.

A. A. Sembiring, A. S. Sembiring, and S. R. Siregar, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Pengembangan Industri Kecil Menengah di Kabupaten Karo Mengunakan Metode Topsis,” Maj. Ilm. INTI, vol. 13, no. 2, pp. 199–204, 2018.

M. S. Rais, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Lokasi Perumahan Menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP),” Riau J. Comput. Sci., vol. 2, no. 2, pp. 59–72, 2016.

Sudaryono, Metodologi Penelitian, 1st ed. depok, 2017.

E. Iswandy, “Sistem Penunjang Keputusan Untuk Menentukan Penerimaan Dana Santunan Sosial Anak Nagari dan Penyalurannya Bagi Mahasiswa Dan Pelajar Kurang Mampu di Kenagarian Barung-Barung Balantai Timur,” J. Teknoif, vol. 3, no. 2, pp. 70–79, 2015.

Downloads

Published

2019-10-01