Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi berbasis COBIT 5 pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Badung

  • Putu Hary Sinta STMIK Primakara
  • I Putu Agus Swastika STMIK Primakara Denpasar Bali
  • I Gst Lanang Agung Raditya Putra STMIK Primakara Denpasar Bali

Abstract

Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Badung Dinas Pendapatan/Pasedahan Agung Kabupaten Badung merupakan organisasi perangkat daerah yang memiliki tujuan pokok dan fungsi mengelola pendapatan daerah. Pengelolaan pendapatan daerah tersebut sebagai sumber pembiayaan daerah dalam melaksanakan pembangunan daerah. Diperlukan suatu kerangka kerja sebagai reference model, untuk memastikan kualitas tata kelola TI pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Badung. Audit Tata kelola teknologi informasi (TI) diperlukan agar sesuai dengan kerangka kerja tata kelola TI dan mengacu pada standar Control Objective for Information and Related Technology (COBIT). Kerangka kerja COBIT ini memberikan solusi dalam menerapkan model tata kelola TI. Penelitian ini fokus pada domain EDM 4, APO 1, APO 7, BAI 4, BAI 9, DSS 1, MEA 1. Menghasilkan temuan bahwa Tata Kelola Teknologi Informasi pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Badung telah melaksanakan hampir semua katifitas TI dan mempunyai tingkat kematangan 3 (Established).

References

Mega, P. “Tata Kelola Teknlogi Informasi (IT Governance) Menggunakan Framework COIT 5 Studi Kasus: Dewan Kehormatan Penyelenggaran Pemilu (DKPP)”. Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 2013.

[2] Chintya. “Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Di Universitas Lampung Menggunakan Framework COBIT 5 Fokus Domain EDM (Evaluate, Direct, and Monitor)”. Skripsi Universitas Lampung 2017.

[3] Guido, W., Augie, D. M. “Evaluasi Kinerja Tata Kelola TI Terhadap Sistem Informasi Starclick Framework COBIT 5 Studi Kasus: PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Semarang. Vol. 02 pp. 157-166. Desember. 2016. Universitas Kristen Satya Wacana. Jawa Tengah 2016.

[4] Agus, P. U., Novita, M. “Analisis Tata Kelola Teknologi Informasi (IT Governance) pada Bidang Akademik dengan COBIT Framework Studi Kasus: Universitas Stikubank Semarang”. Vol. 16 pp 139-149. Juli. 2011. Universitas Stikubank Semarang 2011.

[5] Amalia, R. R. “Audit Sistem Informasi Akademik UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Menggunakan COBIT Framework pada Domain Deliver and Support”. Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2014.

[6] Raditya, I.G.L.A. “Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Berbasis Cobit 5 Dalam Pelayanan Sistem Informasi Akademik Di Universitas Pendidikan Ganesha”. Tesis Universitas Atmajaya. Yogyakarta 2015.

[7] Swastika, A, Raditya. ”Audit Sistem Informasi dan Tata Kelola Teknologi Informasi: Implementasi dan Studi Kasus”. Yogyakarta: Andi 2016.

[8] Utami, dkk. “Audit Capability EAM (Enterprise Assets Management) menggunakan COBIT 5 dan ISO 55002 pada Perusahaan Kelistrikan Negara”. Vol. 4 pp. 195-204. Desember 2016. Universitas Udayana 2016.

[9] ISACA COBIT 5: Enabling Processes Governance and Management Practices. United States of America: ISACA & ITGI 2012.

[10] ISACA. Control Objective for Information and Related Technology. Retrieved Juni, from ISACA: http://www.isaca.org/COBIT/Pages/default.aspx 2017.

[11] ITGI. IT Governance Institute. Retrieved Juni from www.itgi.org/About_IT_Governance 2017.

[12] Iskandar. ”Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kualitatif dan Kuantitatif)”. Jakarta: GP Press 2008.

[13] Jogiyanto, H. M., & Abdilah, W. “Sistem Tatakelola Teknologi Informasi”. Yogyakarta: Andi Offset 2011.
Published
2019-10-01
How to Cite
SINTA, Putu Hary; SWASTIKA, I Putu Agus; RADITYA PUTRA, I Gst Lanang Agung. Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi berbasis COBIT 5 pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Badung. Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP), [S.l.], v. 2, n. 2, p. 1-10, oct. 2019. ISSN 2621-234X. Available at: <http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/JUTIKOMP/article/view/647>. Date accessed: 29 may 2020. doi: https://doi.org/10.34012/jutikomp.v3i1.647.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.