Desain dan Implementasi Sistem Absensi Mahasiswa Berdasarkan Fitur Pengenalan Wajah dengan Menggunakan Metode Haar-Like Feature

Sistem Informasi

  • Evta Indra Universitas Prima Indonesia
  • M Diarmansyah Batubara Universitas Prima Indonesia
  • Muhammad Yasir Universitas Prima Indonesia
  • Sugandi Chau Universitas Prima Indonesia

Abstract

Absensi kehadiran mahasiswa adalah suatu kegiatan yang dilakukan mahasiswa untuk membuktikan dirinya hadir dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu cara untuk melakukan absensi kehadiran adalah dengan cara manual. Mahasiswa melakukan tanda tangan pada lembar kehadiran yang telah dipersiapkan. Hal ini dapat menimbulkan masalah, yaitu memungkinkan terjadinya kecurangan pada saat pengisian absensi. Solusi dari permasalahan ini adalah dengan melakukan proses absensi berbasis sistem. Pada penelitian ini akan diterapkan suatu sistem pengenalan wajah berbasis desktop dan website dengan menggunakan Raspberry Pi sebagai media akses kontrol terhadap absensi bagi mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan. Sistem pengenalan wajah yang dirancang menggunakan metode Haar-Like Feature yang memberikan indikasi secara spesifik pada sebuah gambar atau image yang digunakan untuk mengenali objek berdasarkan nilai sederhana dari fitur. Berdasarkan hasil pengujian dari aplikasi ini menunjukkan bahwa sistem absensi berbasis pengenalan wajah telah berhasil membatasi pihak yang tidak memiliki hak akses dan tidak terdata dalam database absensi. Selain itu pencatatan data kehadiran mahasiswa dapat terkomputerisasi sehingga pendataan yang dilakukan dalam waktu seminggu menjadi lebih cepat dimana sebelum sistem ini diimplementasikan proses absensi membutuhkan waktu 6-8 hari, menjadi 3-4 hari. Sistem yang dihasilkan juga memberikan proteksi terhadap penyalahgunaan.

Author Biography

Evta Indra, Universitas Prima Indonesia

References

[1] Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Nomor 40 Tahun 2017 Tentang Standar Pelayanan Minimum)
[2] http://unprimdn.ac.id/
[3] Sugandi chau, “Analisis pendeteksi pola wajah menggunakan metode haar-like feature”, Journal Of Informatics And Telecom munication Engineering, Vol 2 (1), Juli 2018 ISSN 2549-6255
[4] Mohamad Aditya Rahman, Ir. Sigit Wasista, Sistem Pengenalan Wajah Menggunakan Webcam Untuk Absensi Dengan Metode Template Matching”, 2016.
[5] Anil K. Jain, Arun Ross, Salil Prabhakar, “An Introduktion to Biometric Recognition”, IEEE Transactions On Circuits And Systems For Video Technology, vol. 14, No. 1, Januari 2004.
[6] Sushma Jaiswal, Dr. Sarita Singh Bhadauria, Dr. Rakesh Signh Jadon, “Biomaetric: Case Study”, Journal of Global Research in Computer Science, Vol. 2, No. 10, October 2011.
[7] Arnold Nasir, “Perancangan Aplikasi Pengenalan Wajah Sebagai Media Akses Kontrol Pada Organisasi XYZ”, Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN) Vol. 2, No. 1, Juni 2016, ISSN 2460-7041
[8] A. Raj, “Real Time Multiple Face Recognition Security System (RTM-FS)”, College Of Engineering Perumon- EC - Project 2013.
[9] Derry Fajirwan, “Pengenalan OpenCV”, Website:http://derryfajirwan.blogspot.com/ 2017/10/pengenalan-opencv.html, diakses tgl: 23/4/ 2109.
[10] Wahyu Setyo Pambudi, “FaceTracker Menggunakan Metode Harr Like Feature Dan PID Pada Pemodelan Simulasi”, Jurnal Teknologi Dan Informatika (Teknomatika), Vol 2, No: 2, 2012.
Published
2019-10-01
How to Cite
INDRA, Evta et al. Desain dan Implementasi Sistem Absensi Mahasiswa Berdasarkan Fitur Pengenalan Wajah dengan Menggunakan Metode Haar-Like Feature. Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP), [S.l.], v. 2, n. 2, p. 11-18, oct. 2019. ISSN 2621-234X. Available at: <http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/JUTIKOMP/article/view/637>. Date accessed: 29 may 2020. doi: https://doi.org/10.34012/jutikomp.v3i1.637.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.