Prediksi Jumlah Produksi Palm Oil Menggunakan Fuzzy Inference System Mamdani

  • Christyn Parsaulyan P. Maibang Universitas Prima Indonesia
  • Amir Mahmud Husein Universitas Prima Indonesia

Abstract

Produksi merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dalam sebuah perusahaan khususnya PT Rigunas Agri Utama yang bergerak dalam bidang pengolahan minyak sawit (palm oil). Perencanaan pengambilan keputusan perusahaan dalam menentukan jumlah produksi pada satu periode selanjutnya, bergantung pada sisa persediaan dari satu periode sebelumnya dan juga perkiraan jumlah permintaan pada satu periode selanjutnya. Jumlah permintaan dan persediaan merupakan suatu ketidakpastian. Logika Fuzzy merupakan salah satu ilmu yang dapat menganalisa ketidakpastian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan aplikasi logika Fuzzy metode Mamdani dalam pengambilan keputusan penentuan jumlah produksi. Pada penelitian ini digunakan metode Mamdani dengan penggunaan perangkat lunak matlab sebagai alat bantu dalam proses prediksi, baik yang menggunakan dua variabel linguistik maupun yang menggunakan tiga variabel linguistik. Untuk mendapatkan keluaran dari metode ini diperlukan 4 tahapan yakni; 1) Pembentukan himpunan fuzzy; 2) Aplikasi fungsi keanggotaan; 3) Rule fuzzy ; 4) Defuzzifikasi, dari hasil defuzzifikasi inilah kita bisa menentukan keputusan yang akan diambil

References

[1] Ayustaningwarno, F. (2012). Proses Pengolahan dan Aplikasi Minyak Sawit Merah Pada Industri Pangan . Vitasphere, 1-11.
[2] Prihamayu, M. A. (2015). Aplikasi Logika Fuzzy Metode Mamdani Dalam Pengambilan Keputusan Penentu Jumlah Produksi. Kaunia , 91-99.
[3] Muchammad Abrori, e. a. (2015). Aplikasi Logika Fuzzy Metode Mamdani Dalam Pengambilan Keputusan Penentu Jumlah Produksi. 91-99.
[4] Mia Kastina, e. a. (2016). Logika Fuzzy Metode Mamdani Dalam Sistem Keputusan Fuzzy Produksi Menggunakan Matlab . ilmu komputer, 171-181.
[5] Dewi, P. E. (2016). Analisa Sistem Inferensi Fuzzy Metode Mamdani Untuk Data Skala Ordinal. Universitas lampung, 1-40.
[6] Dwi Martha Sukandy, A. T. (2014). Penerapan Metode Fuzzy Mamdani Untuk Memprediksi Jumlah Produksi Minyak Sawit Berdasarkan data Persediaan dan Jumlah Permintaan (Studi Kasus PT Perkebunan Mitra Ogan Baturaja). STMIK GI , 1-9
Published
2019-10-01
How to Cite
MAIBANG, Christyn Parsaulyan P.; HUSEIN, Amir Mahmud. Prediksi Jumlah Produksi Palm Oil Menggunakan Fuzzy Inference System Mamdani. Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP), [S.l.], v. 2, n. 2, p. 19-26, oct. 2019. ISSN 2621-234X. Available at: <http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/JUTIKOMP/article/view/528>. Date accessed: 29 may 2020. doi: https://doi.org/10.34012/jutikomp.v2i2.528.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.