APLIKASI SISTEM PAKAR BAGI PENGIDAP KLEPTOMANIA MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 2008

Authors

  • Mawaddah Harahap Universitas Prima Indonesia
  • Aninda Muliani Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34012/jutikomp.v1i2.473

Keywords:

kleptomania, sistem pakar, aplikasi komputer

Abstract

Kleptomania dianggap sebagai kategori gangguan kejiwaan, terutama terkait dengan kontrol diri seseorang, di mana tindakan tersebut dilakukan secara spontan dan tidak terencana. Ketika keinginan mencuri muncul, orang yang menderita kleptomania tidak memiliki kemampuan untuk mencegah diri atau melarikan diri dari situasi tersebut. Orang-orang yang menderita kleptomania memiliki situasi khas karena tindakan mereka tidak didasarkan pada motif ekonomi, atau secara emosional didorong oleh pemilik benda yang dicuri. Ini lebih tentang kepuasan diri dan kesenangan diri begitu tindakan berhasil dilakukan. Itu membuat mereka tidak memiliki perbedaan dalam penampilan, atau kehidupan sehari-hari dibandingkan dengan individu normal. Penelitian ini bertujuan untuk merancang program aplikasi komputer yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja dan memberikan layanan yang lebih baik, mengidentifikasi orang-orang yang memiliki kecenderungan sebagai kleptomania. Menggunakan sistem pakar sebagai metode pemecahan masalah, ia juga menawarkan kemampuan seorang ahli dalam menganalisis dan menentukan tingkat kecenderungan kleptomania seseorang.

References

[1] Barlow, D.H. dan. Durand ,V.M. 2014. Abnormal Psychology : An Integrative Approach. 7th Edition. Cengage Learning. Massachusset-USA.
[2] Grant, J. E. (2008). Kleptomania: Clinical characteristics and treatment. Department of Psychiatry University of Minnesota School of Medicine.
[3] Sutojo, T. , Mulyanto E. dan. Suhartono, V. 2011, Kecerdasan Buatan, Andi Offset. Yogyakarta-Indonesia.
[4] Hartati, S., et al, 2008, Sistem Pakar dan Pengembangannya, Graha Ilmu, Yogyakarta.
[5] Skiena, S.S. 2008. The Algorithm Design Manual, 2nd Edition. Springer Publishing Company. New York-USA
[6] Hendrayudi. 2009. VB 2008 untuk Berbagai Keperluan Pemrograman. Elex Media. Jakarta-Indonesia.

Downloads

Published

2018-10-01

How to Cite

Harahap, M., & Muliani, A. (2018). APLIKASI SISTEM PAKAR BAGI PENGIDAP KLEPTOMANIA MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 2008. JURNAL TEKNOLOGI DAN ILMU KOMPUTER PRIMA (JUTIKOMP), 1(2), 265-271. https://doi.org/10.34012/jutikomp.v1i2.473