Otomasi Layanan Cetak Pada Sistem Cloud Printing Menggunakan CUPS

  • Rachman Sinatriya Marjianto d3 Sistem Informasi Fakultas Vokasi Universitas Airlangga
  • Nanda Ridho Wirowicaksono d3 Sistem Informasi Fakultas Vokasi Universitas Airlangga

Abstract

Mencetak dokumen telah menjadi sebuah kebutuhan dari seluruh individu atau organisasi, terutama civitas akademik. Survey yang dilakukan kepada 100 mahasiswa sebagai responden untuk melihat kebutuhan layanan cetak di dalam lingkungan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga menunjukan tingginya kebutuhan layanan cetak dan hal tersebut belum terpenuhi. Model Kano digunakan untuk melakukan survey kebutuhan fitur layanan cetak dan hasilnya menunjukan bahwa layanan cetak yang ditawarkan secara online dapat memberikan dampak positif bagi layanan cetak tersebut. Organisasi yang akan memberikan layanan cetak ini adalah himpunan mahasiswa dimana ketersediaan waktunya terbatas karena tingginya jam perkuliahan. Oleh sebab itu diperlukan sebuah sistem layanan cetak yang bekerja secara otonom. Tiga buah background proses dikembangkan untuk menjalankan sistem layanan cetak otomatis dimana komunikasi dengan printer-printer yang tersedia menggunakan CUPS.

Published
2019-04-01
How to Cite
MARJIANTO, Rachman Sinatriya; WIROWICAKSONO, Nanda Ridho. Otomasi Layanan Cetak Pada Sistem Cloud Printing Menggunakan CUPS. Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 5-12, apr. 2019. ISSN 2621-234X. Available at: <http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/JUTIKOMP/article/view/441>. Date accessed: 26 apr. 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.