Implementasi Sistem Informasi Layanan Pariwisata Tripto Untuk Meningkatkan Pelayanan Pariwisata di Pulau Lombok

Tripto

Authors

  • Lalu Sulistiawan Akbar STMIK Primakara
  • Anak Agung Ayu Putri Ardyanti STMIK Primakara
  • Bagus Putu Wahyu Nirmala STMIK Primakara

DOI:

https://doi.org/10.34012/jutikomp.v2i1.422

Keywords:

Implementasi Sistem Informasi Layanan Pariwisata Tripto Untuk Meningkatkan Pelayanan Pariwisata di Pulau Lombok

Abstract

Tripto adalah sebuah web-based-application yang dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pariwisata di Pulau Lombok melalui pendekatan konsep e-tourism yang kemudian disesuaikan dengan kebutuhan wisatawan saat ini agar dapat menyajikan berbagai informasi terkait pariwisata dan informasi layanan jasa pariwisata. Pembuatan aplikasi ini dilakukan dengan metode SDLC Waterfall. Aplikasi ini di kembangkan menggunakan bahasa skrip HTML5, CSS3, PHP, dan Javasript serta MySQL sebagai databasennya, dan untuk pengujian sistem menggunakan black box testing. Aplikasi ini dapat digunakan oleh 3 pengguna, yaitu admin, penyedia layanan dan wisatawan. Admin dapat mengelola penyedia layanan dan wisatawan. Penyedia layanan dapat mengelola detail informasi layanan pariwisata yang disampaikan, harga layanan jasa pariwisata, info destinasi dan aksi wisata daerah yang ditawarkan. Wisatawan dapat merencanakan dan menjadwalkan sendiri kegiatan pariwisata yang diinginkan.

               

Keywords – Tripto, Lombok Tourism, e-tourism, SDLC waterfall, web based application

References

[1] Utama. ”Pemasaran Pariwisata”. Denpasar: Penerbit Andi, 2016.
[2] Kadir, Abdul. “Pengenalan Sistem Informasi“. Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2014.
[3] Budiyanto, E. Sistem Informasi Geografis Menggunakan MapInfo. Yogyakarta: ANDI, 2004.
[4] Badan Pusat Statistik Provinsi Nusa Tenggara Barat 2011. “Jumlah Kunjungan Wisata dari tahun 2011 sampai 2015”. Available: http://ntb.bps.go.id/index.php/linkTabelStatis/39 / . Diakses 29 Oktober 2017.
[5] Yuswohady, dkk. “Welcome Leisure Economy”. Available: http://www.yuswohady.com/wp-content/uploads/2017/12/E-Book-Leisure.pdf. Diakses 22 Januari 2018.
[6] Kadir, Abdul. “From Zero To A Pro HTML5”. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2013.
[7] Fuadi, Ali. “Perancangan Dan Pembuatan Sistem Informasi Pariwisata Kabupaten Simeuleu Berbasis Web”. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Stmik U’budiyah Indonesia: Banda Aceh, 2013.
[8] Saputra, Wisnu Adhi. “Rancang Bangun Minimum Viable Product Distro Management System (Dimans) Berbasis Cloud Computing”. STMIK Primakara: Denpasar, 2015.
[9] Arsul. “E-Tourism Kabupaten Pulau Morotai”. E-Journal Teknik Elektro dan Komputer. FT. UNSRAT: Manado, 2015.
[10] Adyana, Ida Bagus, Risal Efendi. “Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Persebaran Lokasi Obyek Pariwisata Berbasis Web Dan Mobile Android”. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi. Program Studi Teknik Informatika STMIK ProVisi: Semarang, 2014.
[11] Kahono, Isa Budi. “Pembuatan Website Sekolah Dasar Negeri Sragen Empat Belas Indonesian”. Journal on Networking and Security, Volume 2, Nomor 1. 2013.
[12] Yuliani, Oni. “Rancang Bangun Sistem Informasi Obyek Wisata Berbasis Web Menggunakan MetodeUser Centered Design (UCD)”. Jurnal Angkasa. Volume VII: Nomor 2. 2015.
[13] Ifmawati, Milda, Ajib Susanto. “Rekayasa E-Tourism Sebagai Sarana Masyarakat Untuk Mengangkat Potensi Pariwisata”. Jurnal Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro. 2015.
[14] Arsad. “Perancanga Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Web Di Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Muna”. Skripsi. Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah: Jakarta, 2011.
[15] Ningsih. “Sistem Informasi Pariwisata Daerah Kabupaten Wonogiri Berbasis Web”. Skripsi. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret: Surakarta, 2011.
[16] Sugiyono. “Statistika Untuk Penelitian”. Bandung: Alfabeta. 2013.
[17] Sugiyono. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Kombinasi”. Bandung: Alfabeta, 2012.
[18] Zaenuddin, Imam. “Analisis Pengujian Sistem Informasi Akademik Pranata Indonesia Berdasarkan Standard Iso9126”. Jurnal Teknologi Informasi: Stmik Pranata Indonesia, 2018.
[19] Essi Scope. (1991). “ISO 9126: The Standard of Reference. Retrieved December 14, 2013, from ISO/ IEC 9126: Information Technology - Software Product Evaluation - Quality Characteristic and Guidelines for Their Use”. Available: http://www.cse.dcu.ie/essiscope/sm2/9126ref.html. Diakses 20 April 2018.
[20] Lund. “Usefulness, Satisfaction, and Ease of use (USE) Questionnaire”. STC Usability and User Experience Community. Available: http://garyperlman.com/quest/quest.cgi?form=USE. Diakses 1 Mei 2018.
[21] Rahadi, Dedi Rianto. “Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire Pada Aplikasi Android”. Jurnal Sistem Informasi (JSI), VOL. 6, NO. 1. Available: http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/index. Diakses 12 Juli 2018.
[22] Aelani, Khorida, Falahah. “Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire (Studi Kasus Aplikasi Perwalian Online STMIK “AMIKBANDUNG”)”. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, ISNN: 1907-5022, Yogyakarta, 2012.

Downloads

Published

2019-04-01

How to Cite

Akbar, L. S., Ardyanti, A. A. A. P., & Nirmala, B. P. W. (2019). Implementasi Sistem Informasi Layanan Pariwisata Tripto Untuk Meningkatkan Pelayanan Pariwisata di Pulau Lombok: Tripto. JURNAL TEKNOLOGI DAN ILMU KOMPUTER PRIMA (JUTIKOMP), 2(1), 284-294. https://doi.org/10.34012/jutikomp.v2i1.422