Temu Bahaya & Pencemaran (TEBARAN) Berbasis Aplikasi Android Pada Sistem Sumbang Saran di PTNUSIRA,Untuk Mencegah Terjadinya Kecelakaan Kerja, Pencemaran Lingkungan Di Lingkungan Kerja

Authors

  • Achmad Ridwan Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34012/jutikomp.v5i2.2902

Keywords:

5R, unsafe Action, Unsafe Condition, Pollution, Android

Abstract

Mencegah terjadi kecelakaan kerja atau pencemaran lingkungan pada lingkungan kerja disuatu perusahaan salah satu caranya dengan menemukan dan melaporkan dengan cepat dan detail temuan 5R, tindakan berbahaya, kondisi berbahaya dan pencemaran dilingkungan kerja tersebut. Temuan 5R, tindakan berbahaya, kondisi berbahaya dan pencemaran tersebut dengan cara melibatkan seluruh karyawan yang bekerja pada suatu perusahaan. Jika karyawan menemukan temuan 5R, tindakan berbahaya, kondisi berbahaya dan pencemaran membuat laporan temuan tersebut sehingga dapat ditindaklanjutin dengan melakukan tindakan pencegahan atau perbaikan agar tidak terjadinya kecelakaan kerja atau pencemaran dilingkungan kerja perusahaan. Selama ini karyawan menyampaikan temuan tersebut dengan cara menuliskan atau memprint temuan tersebut pada form laporan temuan dan lampirkan foto temuan, sehingga berdampak kepada karyawan malas atau ogah untuk menyampaikan temuan tersebut. Untuk mengantisipasi masalah ini maka dibuatkanlah sebuah aplikasi Temu Bahaya dan Pencemaran (TEBARAN) yang berbasiskan android. Menggunakan sistem android ini dikarenakan mempermudah karyawan membuat laporan jika menemukan temuan 5R, tindakan berbahaya, kondisi berbahaya dan pencemaran yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja atau pencemaran lingkungan.  Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  wawancara  dan  praktek  yang  terkait pembuatan aplikasi tebaran yang berbasiskan android. Model yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini  adalah  model  waterfall.  Model  ini  digunakan  karena  pendekatan  aplikasi  secara  berurut  sehingga menghasilkan  aplikasi  yang  sesuai  dengan  penerapan  di  PT Nusira.  Berdasarkan  hasil  pengujian  aplikasi tebaran berjalan  baik  sesuai  yang  diharapkan,  sehingga dapat melibatkan seluruh karyawan serta dapat membuat laporan temuan dengan cepat untuk dapat ditindaklanjutin. Berdasarkan penelitian ini dapat diambil  kesimpulan  yaitu  aplikasi  tebaran  berjalan  baik  sesuai  target  yang  diharapkan serta aplikasi  tebaran ini  dapat  digunakan  pada perusahaan lain.

References

N. Asilah and M. G. C. Yuantari, “Analisis Faktor Kejadian Kecelakaan Kerja pada Pekerja Industri Tahu,” J. Penelit. dan Pengemb. Kesehat. Masy. Indones., vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2020, doi: 10.15294/jppkmi.v1i1.41434.

A. U. D. Irkas, A. M. Fitri, A. A. D. Purbasari, and T. Y. R. Pristya, “Hubungan Unsafe Action dan Unsafe Condition dengan Kecelakaan Kerja pada Pekerja Industri Mebel,” J. Kesehat., vol. 11, no. 3, p. 363, 2020, doi: 10.26630/jk.v11i3.2245.

E. Siagian, P. Handayani, D. Angeliana, and A. Irfandi, “Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat IV APLIKASI PROGRAM SHE MOBILE Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat IV,” no. November 2021, pp. 10–24, 2018.

R. Rochman, S. Santoso, F. Fourmarch, P. Pawenary, and P. Fithri, “Transformasi Digitalisasi Pelaporan HAZOB Untuk Meningkatkan Kinerja Keselamatan Kerja di Perusahaan,” J. Sains, Teknol. dan Ind., vol. 18, no. 1, p. 112, 2021, doi: 10.24014/sitekin.v18i1.12062.

Pemrograman Aplikasi Android From Zero to a Pro, Abdul Kadir, Penerbit Andi Yogyakarta, 2013.

Analisis dan Desain, HM, Jogiyanto, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2005.

Jurus Rahasia Menguasai Pemrograman Android, Muhammad Nurhidayat, Penerbit : Elex Media Komputindo, 2018.

Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding, Arista Prasetyo Adi, Penerbit : Elex Media Komputindo, 2021.

Android, Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC berbasis android”, Safaat, N, Bandung: Informatika Bandung, 2011.

Tip Trik Android Untuk Pengguna Tablet & Handphone, Agus Wahadyo., dan Sudarma S., Jakarta : Mediakita, 2012.

Buku Pintar Android, M. Hilmi Masruri dkk, Jakarta,PT Elex Media Komputindo, 2015.

Android Programming With Eclipse, Wahana Komputer Semarang, Penerbit Andi,2013.

Mudah Membuat Aplikasi Android, Hermawan S, Stephanus, Yogyakarta Andi Offset, 2011.

Panduan Lengkap Pemrograman Android, Juhara, Zamrony P, YogyakartaAndi, 2016.

Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PCBerbasis Android (revisi kedua), Safaat, Nazrudin, Bandung Informatika, 2015.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Ridwan, A. . (2022). Temu Bahaya & Pencemaran (TEBARAN) Berbasis Aplikasi Android Pada Sistem Sumbang Saran di PTNUSIRA,Untuk Mencegah Terjadinya Kecelakaan Kerja, Pencemaran Lingkungan Di Lingkungan Kerja. JURNAL TEKNOLOGI DAN ILMU KOMPUTER PRIMA (JUTIKOMP), 5(2), 66-73. https://doi.org/10.34012/jutikomp.v5i2.2902