Optimalisasi Sistem Informasi Perjalanan Dinas Dalam Meningkatkan Efisiensi Biaya Perusahaan

Authors

  • Susan Rachmawati Universitas Bina Sarana Informatika
  • Tri Retnasari STMIK Nusa Mandiri
  • Sunarto Sunarto Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.34012/jutikomp.v1i2.269

Keywords:

Cost , Efficiency , Information, System, SPPD

Abstract

Latar Belakang : perjalanan dinas merupakan salah satu biaya yang harus dikeluarkan oleh suatu perusahaan bagi karyawannya yang ingin bekerja di luar kantor. Untuk saat ini perjalanan dinas merupakan biaya yang cukup besar nilainya dan sering terjadi, oleh karena itu perlu adanya sistem informasi  yang memudahkan bagi karyawan dalam melaporkan kegiatan yang dilakukan dan biaya yang dikeluarkan begitu juga dengan administrasi dalam mencetak surat dinas perjalanan dinas dan bagian keuangan dalam menghitung besarnya biaya yang dikeluarkan sehingga memudahkan dalam pelaporan keuangan selain itu dengan menggunakan sistem informasi keamanan data lebih terjamin karena tersimpan dalam database dan menghilangkan penginputan ganda karena saat ini untuk pembuatan surat tugas perjalanan dinas, penghitungan biaya sampai dengan memberikan informasi kepada kaaryawan yang akan melakukan perjalanan dinas masih dilakukan secara manual (excel) sehingga menyulitkan dalam pembuatan surat tugas perjalanan dinas sampai dengan penghitungannya dan masih  sering terjadinya penghitungan maupun pencatatan ganda serta laporan tidak dapat dilakukan secara real time.

Metode: Metode peneltian yang penulis lakukan dengan analisis deskriptif menggunakan metode studi kasus dan analisa pekerjaan dan aktivitas sedangkan untuk pengembangan system menggunakan unified approach (UA)

 Hasil : Dalam sistem informasi ini memiliki alur mulai dari penerimaan SPPS (administrasi), pengajuan SPPD, persetujuan, manajemen keuangan, manajemen kepegawaian sampai dengan pembuatan laporan sehingga  telah memenuhi kebutuhan dari user dan diharapkan dengan penggunaan sistem informasi ini dapat meminimalkan biaya yang dikeluarkan karena menghindari kerangkapan data bdan manipulasi data.

 Kesimpulan: Dapat memudahkan dalam pembuatan surat perintah perjalanan dinas, pengeluaran biaya dapat ditampilkan secara terinci sehingga memudahkan dalam pelaporan perjalanan dinas sehingga diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pengeluaran perusahaan

Downloads

Published

2018-10-31

How to Cite

Rachmawati, S., Retnasari, T., & Sunarto, S. (2018). Optimalisasi Sistem Informasi Perjalanan Dinas Dalam Meningkatkan Efisiensi Biaya Perusahaan. JURNAL TEKNOLOGI DAN ILMU KOMPUTER PRIMA (JUTIKOMP), 1(2), 241-249. https://doi.org/10.34012/jutikomp.v1i2.269