Debit Kalkulator Berbasis Android

Authors

  • Achmad Ridwan Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34012/jutikomp.v5i1.2590

Keywords:

Calculator, water discharge, ipal outlet, V-notch, U-notch

Abstract

Dalam menghitung debit air outlet ipal dilakukan dengan cara melihat berapa ketinggian air dipenampang pembuangan air ke badan sungai. Bentuk penampang pembuangan air ini ada yang berbentuk V (V-Notch) dan U (U-Notch). Ketinggian air pada penampang pembuangan air dicatat setiap jamnya kemudian dari pencatatan ketinggian tersebut disesuaikan atau dicocokan berapa debit air yang dihasilkan setiap jamnya pada tabel debit air outlet ipal. Pencatatan dan perhitungan ini dilaksanakan setiap hari dan dilaporan kepada atasan, pimpinan, atau yang bertanggung jawab setiap 1 minggu sekali. Akhirnya dalam pelaksanaannya terdapat kendala yaitu keakuratan perhitungan yang dilakukan dan waktu pelaporan yang cukup lama untuk disampaikan kepada atasan, pimpinan, atau yang bertanggung jawab. Untuk mengatasi kendala tersebut, dibuatlah sebuah aplikasi yang dapat menghitung dengan cepat dan akurat dan melaporkannya kepada atasan, pimpinan, atau yang bertanggung jawab yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelaporan (maksimal 8 jam sekali). Aplikasi ini diberi nama Debit Kalkulator yang menggunakan sistem android. Dasar menggunakan sistem android ini dikarenakan petugas dan atasan, pimpinan, atau yang bertanggung jawab menggunakan smartphone/handphone yang menggunakan sistem android sehingga mempermudah pekerjaan dan sebagai penunjang pekerjaan karyawan yang bekerja.

References

Pemrograman Aplikasi Android From Zero to a Pro, Abdul Kadir, Penerbit Andi Yogyakarta, 2013.

Analisis dan Desain, HM, Jogiyanto, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2005.

Jurus Rahasia Menguasai Pemrograman Android, Muhammad Nurhidayat, Penerbit : Elex Media Komputindo, 2018.

Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding, Arista Prasetyo Adi, Penerbit : Elex Media Komputindo, 2021.

Android, Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC berbasis android”, Safaat, N, Bandung: Informatika Bandung, 2011.

Tip Trik Android Untuk Pengguna Tablet & Handphone, Agus Wahadyo., dan Sudarma S., , Jakarta : Mediakita, 2012.

Buku Pintar Android, M. Hilmi Masruri dkk, Jakarta, PT Elex Media Komputindo, 2015.

Android Programming With Eclipse, Wahana Komputer Semarang, Penerbit Andi, 2013.

Mudah Membuat Aplikasi Android, Hermawan S, Stephanus, Yogyakarta Andi Offset, 2011.

Panduan Lengkap Pemrograman Android, Juhara, Zamrony P, Yogyakarta Andi, 2016.

Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android (revisi kedua), Safaat, Nazrudin, Bandung Informatika, 2015.

Downloads

Published

2022-04-25

How to Cite

Ridwan, A. (2022). Debit Kalkulator Berbasis Android. JURNAL TEKNOLOGI DAN ILMU KOMPUTER PRIMA (JUTIKOMP), 5(1), 35-41. https://doi.org/10.34012/jutikomp.v5i1.2590