Penerapan Sistem Antrian Registrasi dengan Metode Multi Channel-Multi Phase

Authors

  • Antonius Purba STMIK PELITA NUSANTARA MEDAN
  • Insan Taufik STMIK Pelita Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.34012/jutikomp.v1i2.244

Keywords:

queue, hospital, multi-channel multi-phase., penerapan antrian

Abstract

Dalam memberikan pelayanan sistem antrian pasien di rumah sakit masih banyak ditemukan kendala dalam proses antrian, diantaranya  penumpukan pasien saat mengambil nomor antrian, antrian yang terlalu banyak dalam sistem antrian dan lamanya waktu menunggu dalam sistem antrian sehingga proses antrian dianggap memperlambat proses pelayanan. Oleh sebab itu penulis mengembangkan sistem antrian yang dilengkapi dengan jalur masuk pelayanan yang banyak dan sistem pelayanan yang banyak yang disebut dengan sistem antrian multi channel – multi phase. Penerapan model antrian multi channel – multi phase  membuat aplikasi dapat melayani lebih dari satu jenis layanan di rumah sakit dan dengan jalur masuk yang banyak yang dapat di sesuaikan dengan jenis dan jumlah unit pelayanan. Aplikasi  antrian  ini  juga  dilengkapi  dengan  pemanggil suara seperti aplikasi antrian yang telah ada saat ini dan bisa dilakukan perubahan atau penambahan jumlah dan jenis layanan sewaktu-waktu sesuai kebutuhan rumah sakit.

Keywords – queue, hospital, multi-channel multi-phase.

Downloads

Published

2018-10-24