SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT PADA KSP CU DAMAI SEJAHTERA DENGAN MENGGUNAKAN ANALYTIC HIERARCHY PROCESS

Authors

  • Mayurika Yohana Nababan Nababan STMIK PELITA NUSANTARA

DOI:

https://doi.org/10.34012/jutikomp.v4i2.2069

Keywords:

Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Analytic Hierarchy Process, Pemberian Kredit

Abstract

Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Credit Union (CU) Damai Sejahtera Medan adalah salah satu perusahaan atau lembaga yang dapat memberikan pinjaman kredit. KSP CU Damai Sejahtera Medan memberikan bantuan pembiayaan dana dalam bentuk pembayaran kredit/cicil dan mempunyai beberapa sistem, prosedur dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh anggota yang mengajukan. Faktanya, keputusan pemberian kredit yang digunakan di KSP CU Damai Sejahtera Medan berdasarkan hasil survey dari penulis belum menggunakan sistem yang dapat penyeleksian pemberian kredit. Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem yang mampu membantu dalam mendukung pengambilan keputusan dengan lebih cepat, tepat dan akurat. Salah satunya adalah menggunakan metode Analytic Hierarchy Proses (AHP) karena metode ini merupakan salah satu metode yang dapat melakukan kriteria majemuk dan rinci dengan kerangka yang komperhensif dan pertimbangan proses hirarki yang kemudian dilakukan perhitungan bobot untuk masing-masing kriteria dalam menentukan kelayakan pemberian kredit. Kriteria yang digunakan yaitu Character, Capacity, Condition, Capital, dan Collateral dengan sub-kriteria yaitu Sangat Baik, Baik, Cukup, Kurang, dan Sangat Kurang. Bahasa pemograman yang digunakan dalam membangun sistem yaitu PHP dengan MySQL. Adapun hasil dari implementasi sistem yang telah dibangun yaitu menunjukkan bahwa metode AHP mampu dalam memberikan keputusan yang objektif dalam penentuan pemberian kredit.

References

Carolina, Monica., Edi, Sutarta, Ag (2014). Peranan Credit Union Sebagai Lembaga Pembiayaan Mikro – Studi Kasus: Pada Usaha UMKM di Desa Umbang Manggo Kecamatan Sanaman Mantikei, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah, Modus Vol. 26 (2): 157-172.

Djahir, Pratita. (2015). Sistem Informasi Manajemen, CV. Budi Utama, Yogyakarta.

Fathansyah. (2015). Perancangan Database engine MYSQL, Yogyakarta.

Limbong, T., Muttaqin, M., Iskandar, A., Windarto, A. P., Simarmata, J., Mesran, M. & Wanto, A. (2020). Sistem Pendukung Keputusan: Metode & Implementasi. Yayasan Kita Menulis.

Hutahaean, J. (2015). Konsep Sistem Informasi. Penerbit Deepublish. Yogyakarta.

Indrajani. (2015). Database Design. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Nugraha, M. A., & Sudiarso, A. (2017). Analisis Pemilihan Produk Batik Tulis Terbaik Menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP). In Seminar Nasional Teknik Indusri Universitas Gadjah Mada (pp. 161-169).

Nurdiyanto, H., & Meilia, H. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Pengembangan Industri Kecil Dan Menengah di Lampung Tengah Menggunakan Analitical Hierarchy Process (Ahp). Semnasteknomedia Online, 4(1), 37-42.

Petrus, A. (2004), Mengapa Harus Credit Union?”, diakses dari repository.usu.ac.id pada tanggal 06 September 2021.

Putri, D. S., & Marbun, M. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Analityc Hierarchy Process (AHP) Pada Penentuan Sekretaris Desa Kubah Sentang Pantai Labu. JOISIE (Journal of Information Systems and Informatics Engineering), 3(2), 86-93.

Purbadian, Yenda. (2016). Trik Cepat Membangun Aplikasi Berbasis Web dengan Framework CodeIgniter, Deepublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama), Yogyakarta.

Sihotang, H. T., & Siboro, M. S. (2016). Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Siswa Bermasalah Menggunakan Metode Saw Pada Sekolah Smp Swasta Mulia Pratama Medan. Journal of Informatic Pelita Nusantara, 1(1).

Sokibi, P., & Bahiyah, N. (2018). Perancangan Sistem Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). ITEJ (Information Technology Engineering Journals), 3(1), 17-35.

Utomo, J. S., Santoso, P. B., & Yuniarti, R. (2015). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Berbasis 360 Degree Feedback Dan Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus di PT. X). Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri, 3(1), p110-120.

Downloads

Published

2021-11-05

How to Cite

Nababan, M. Y. N. (2021). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT PADA KSP CU DAMAI SEJAHTERA DENGAN MENGGUNAKAN ANALYTIC HIERARCHY PROCESS. JURNAL TEKNOLOGI DAN ILMU KOMPUTER PRIMA (JUTIKOMP), 4(2), 542-553. https://doi.org/10.34012/jutikomp.v4i2.2069