Analisis Variabel Yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Marketplace Shopee Dengan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model

Authors

  • Culita Mikroskil

DOI:

https://doi.org/10.34012/jutikomp.v4i1.1809

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat mendorong berbagai sektor untuk beradaptasi mengikuti langkah perkembangan. Salah satunya adalah tren pembelanjaan masyarakat yang berubah dari metode konvensional onsite menjadi belanja online di marketplace. Untuk lebih memahami dan mengetahui faktor-faktor apa saja yang berpengaruh bagi kepuasan pengguna agar pengembangan teknologi informasi marketplace lebih efektif maka perlu dilakukan analisis lebih lanjut. Evaluasi dan analisis  faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan marketplace C2C ini diukur dengan menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM), yang mempelajari, memahami  dan menjelaskan perilaku pemakai dalam menerima dan menggunakan suatu sistem teknologi informasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian adalah dengan menggunakan penyusunan dan pendistribusian instrumen penelitian, pengujian Validitas dan Reliabilitas instrumen, pengumpulan data dan dilanjutkan dengan pengujian regresi dan Uji F. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS dan hasil Pengujian Regresi didapatkan 6 persamaan yakni Persamaan Perceived Ease of Use (PEU) dan Perceived Usefulness (PE) = 8,016 + 0,565 PEU, Persamaan Perceived Ease of Use (PEU) dan Attitude toward Using (ATU) = 2,192 + 0,542 PEU, Persamaan antara Perceived Usefulness (PE)  dan Attitude toward Using (ATU) = 4,105 + 0,461 PE, Persamaan antara Perceived Ease of Use (PEU) dan Behavioral Intention to Use (BIU) = 3,123 + 0,511 PEU, Persamaan antara Attitude toward Using (ATU) dan faktor Behavioral Intention to Use (BIU) = 1,447 + 0,913 ATU, Persamaan antara Behavioral Intention to Use (BIU) dan faktor Actual System Use (ASU) = 3,357 + 0,776 BIU.  Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji F, diperolah hasil sebagai berikut: Terdapat pengaruh yang signifikan antara Perceived Ease of Use (PEU) terhadap Perceived Usefulness (PE), Terdapat pengaruh yang signifikan antara Perceived Ease of Use (PEU) terhadap Attitude toward Using (ATU), Terdapat pengaruh yang signifikan antara Perceived Usefulness (PE) terhadap Attitude toward Using (ATU), Terdapat pengaruh yang signifikan antara Perceived Ease of Use (PEU) terhadap Behavioral Intention to Use (BIU), Terdapat pengaruh yang signifikan antara Attitude toward Using (ATU) terhadap Behavioral Intention to Use (BIU), Terdapat pengaruh yang signifikan antara terhadap Behavioral Intention to Use (BIU) terhadap Actual System Use (ASU).

Downloads

Published

2021-04-01

How to Cite

Culita. (2021). Analisis Variabel Yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Marketplace Shopee Dengan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model. JURNAL TEKNOLOGI DAN ILMU KOMPUTER PRIMA (JUTIKOMP), 4(1), 535-541. https://doi.org/10.34012/jutikomp.v4i1.1809