SISTEM REKOMENDASI FILM DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY SEMANTIK

Authors

  • Abdullah Muhazir Institut Teknologi Medan
  • Fachrul Rozi Institut Teknologi Medan

DOI:

https://doi.org/10.34012/jutikomp.v3i2.1339

Keywords:

Fuzzy Semantik, rating, sparsity dan cold start, film

Abstract

Metode yang sering digunakan dalam sistem rekomendasi adalah metode collaborative filtering.Namun, metode collaborative filtering memiliki masalah sparsity dan cold start.Masalah sparsity muncul ketika jumlah rating yang diperoleh masih sedikit dan tidak cukup ketika dibandingkan dengan jumlah rating yang akan diprediksi. Sementara itu, masalah cold start merujuk ke dua masalah berbeda namun saling berhubungan, yaitu user baru dan item baru. Untuk menyelesaikan permasalahan diatas, akan digunakan algoritma rekomendasi fuzzy semantikyang mengintegrasikan teknik item-based fuzzy semantic similarity dan item-based fuzzycollaborative filtering (CF) similarity untuk meningkatkan performansi dari proses rekomendasi. Teknik item-based fuzzy semantic similarityakan menganalisis kumpulan film yang telah diberi rating oleh user berdasarkan pada matriks rating user-item dan menghitung kemiripannya dengan film baru dalam sistem dan memilih k buah film yang paling mirip. Sementara itu, teknik  item-based fuzzycollaborative filtering (CF) similarity menggambarkan derajat hubungan antara item berdasarkan rating semantik. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem yang menerapkan metode Fuzzy Semantik untuk memberikan rekomendasi film kepada pemakai. Sistem yang dibuat menyediakan berbagai fasilitas bagi pemakai dalam melakukan penambahan dan pengubahan data film, memberikan rating film serta memperoleh rekomendasi film. Selain itu, aplikasi juga menyediakan sebuah fasilitas pengujian terhadap metode Fuzzy Semantik.

References

T. O. Wibowo, "Fenomena Website Streaming Film di Era Media Baru: Godaan, Perselisihan, dan Kritik," Jurnal Kajian Komunikasi, pp. 191-203, 2018.

A. Kusnadi, C. K. Widiarso and Hugeng, "Rancang Bangun Sistem Rekomendasi Smartphone Berbasis Web," ULTIMA InfoSys, pp. 31-37, 2016.

A. E. Wijaya and D. Alfian, "SISTEM REKOMENDASI LAPTOP MENGGUNAKAN COLLABORATIVE FILTERING DAN CONTENT-BASED FILTERING," Jurnal Computech & Bisnis, pp. 11-27, 2018.

I. S. Wahyudi, "Big data analytic untuk pembuatan rekomendasi koleksi film personal menggunakan Mlib. Apache Spark," Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, pp. 11-25, 2018.

E. A. Laksana, "Collaborative Filtering dan Aplikasinya," Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, pp. 36-40, 2015.

A. A. Lubis, R. Purba and A. Agustiana, "Uji Akurasi Algoritma Bipolar Slope One Dan BW-Mine Pada Sistem Rekomendasi," Semantic Scholar, 2019.

J. Lu, Q. SHAMBOUR, X. YISI, L. QING and Z. GUANGQUAN, "AWEB-BASED PERSONALIZED BUSINESS PARTNER RECOMMENDATION SYSTEM USING FUZZY SEMANTIC TECHNIQUES," Computational Intelligence, pp. 37-69, 2013.

A. Pamuji, "SISTEM REKOMENDASI KREDIT PERUMAHAN RAKYAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE COLLABORATIVE FILTERING," Faktor Exacta 10, 2017.

Aryani, B. Susilo and Y. Setiawan, "PERANCANGAN SISTEM REKOMENDASI PEMILIHAN CINDERAMATA KHAS BENGKULU," Jurnal Rekursif, 2019.

F. Rachman, "Sistem Rekomendasi Film Berdasarkan Pengalaman Pengguna Menggunakan Algoritma Simple Additive Weighting Dan Content-Based Filtering," Universitas Mercu Buana, 2018.

C. S. D. Prasetya, "SISTEM REKOMENDASI PADA E-COMMERCE MENGGUNAKAN K-NEAREST NEIGHBOR," Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 2017.

E. W. Sumarlin, S. Hansun and Y. W. Wiratama, "RANCANG BANGUN APLIKASI REKOMENDASI FILM DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING," JURNAL INFORMATIKA, 2016.

Downloads

Published

2020-10-01

How to Cite

Muhazir, A., & Rozi, F. (2020). SISTEM REKOMENDASI FILM DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY SEMANTIK. JURNAL TEKNOLOGI DAN ILMU KOMPUTER PRIMA (JUTIKOMP), 3(2), 460-466. https://doi.org/10.34012/jutikomp.v3i2.1339