PENERAPAN METODE FUZZY MAMDANI UNTUK MENGANALISA PENTINGNYA KEDISIPLINAN DAN KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI KERJA KARYAWAN

Main Article Content

Saut Parsaoran Tamba
Yonatan Adi Wibowo
jepri banjarnahor
Ruth Tetra Damanik

Abstract

Penilaian prestasi kerja karyawan pada suatu perusahaan atau instansi, sangat berguna untuk mengevaluasi kerja dan memotivasi masing-masing karyawan untuk memenuhi standard kinerja yang telah ditentukan. Karyawan yang berprestasi bukan hanya mempunyai kemampuan yang tinggi dalam menyelesaikan pekerjaan tetapi juga bisa berkomunikasi yang baik serta mempunyai kedisiplinan. dengan demikian hasil pekerjaan akan dapat diharapkan menjadi lebih baik. PT. Universal merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi obat-obatan, yang berada di kota Medan. Sistem yang digunakan untuk pencapaian kinerja karyawan saat ini masih bersifat manual dan belum secara maksimal memanfaatkan teknologi dalam mengembangkan proses bisnis, serta peningkatan efektifitas dalam pekerjaan mereka. Hal ini disebabkan oleh sistem penilaian yang terbangun belum didasarkan pada kompetensi individu. Selain itu proses penilaian membutuhkan waktu lama dan dokumentasi tidak teratur. Dalam pencapaian prestasi karyawan yang maksimal, sangat dibutuhkan peranan dari komunikasi dan kedisiplinan yang tinggi dari karyawan. Fuzzy Mamdani merupakan salah satu metode yang sangat fleksibel dan memiliki toleransi pada data yang ada. Variabel – variabel yang dipakai dalam penilaian prestasi karyawan adalah kedisiplinan dan komunikasi, yang  akan dijadikan input. Berdasarkan kedua input yang dimasukkan maka output untuk prestasi kerja karyawan adalah 86.8 yang merupakan keanggotaan dari domain himpunan fuzzy sangat memuaskan [70 100] yang berarti prestasi kerjanya sangat memuaskan.

Article Details

How to Cite
[1]
S. P. Tamba, Y. A. Wibowo, jepri banjarnahor, and R. T. Damanik, “PENERAPAN METODE FUZZY MAMDANI UNTUK MENGANALISA PENTINGNYA KEDISIPLINAN DAN KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI KERJA KARYAWAN”, JUSIKOM PRIMA, vol. 3, no. 2, pp. 35-39, May 2020.
Section
Articles