PENGARUH MODEL EXPLICIT INSTRUCTIONS DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI)

Main Article Content

Eko Subastian

Abstract

ABSTRAK


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Explicit Instruction dengan menggunakan multimedia interaktif terhadap hasil belajar Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) pada Siswa SMK Negeri 9 Samarinda.


Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Sempling. Sampel dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas XI Pemasaran 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 30 siswa, kelas diajar dengan model Explicit Instruction dengan menggunakan multimedia interaktif dan kelas XI Pemasaran 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 31 siswa, kelas diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) dengan bentuk uraian.


Perhitungan menggunakan bantuan program SPSS 21.00. Hasil uji Kolmogorov-Smirnova untuk melihat normalitas data pre-test dan post-test, kelas eksperimen diperoleh nilai Sig pre-test = 0,089 dan nilai Sig post-test = 0,073 dengan α = 0,05, karena nilai Sig pada pre-test dan post-test > α maka data hasil penelitian untuk kelas eksperimen berasal dari distribusi normal. Untuk kelas kontrol nilai Dmax pre-test = 0,169 dan Sig post-test = 0,200 dengan Dtabel = 0,242 dan α = 0,05, karena nilai Dmax pada pre-test < Dtabel dan post-test > α maka data hasil penelitian untuk kelas kontrol berasal dari distribusi normal. Hasil uji homogenitas yang digunakan untuk melihat tingkat kemampuan siswa, maka diperoleh data pre test untuk Fhit = 1,23 dan Ftabel = 1,85 dengan α = 0,05 maka hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok homogen dan untuk data post test diperoleh Fhit = 2,36 dan Ftabel = 1,85 dengan α = 0,05 maka hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok heterogen.


Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Explicit Instruction dengan menggunakan multimedia interaktif terhadap hasil belajar keterampilan komputer dan pengelolaan informasi (KKPI) pada Siswa SMK Negeri 9 Samarinda. Hasil pembelajaran KKPI menggunakan model Explicit Instruction dengan multimedia interaktif lebih baik dibandingkan dengan hasil pembelajaran KKPI menggunakan metode konvensional.


 


Kata kunci : Multimedia Interaktif, Hasil Belajar


 

Article Details

How to Cite
[1]
E. Subastian, “PENGARUH MODEL EXPLICIT INSTRUCTIONS DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI)”, JUSIKOM PRIMA, vol. 1, no. 2, Apr. 2018.
Section
Articles