RANCANG BANGUN APLIKASI SISTEM UJIAN SARINGAN MASUK SMA BERBASIS ANDROID (Studi Kasus SMA Amir Hamzah Medan) Audina L Sitanggang, Mentari Hati Loi, Evta Indra

Main Article Content

Evta Indra
Audina L Sitanggang
Mentari Hati Loi

Abstract

Era globalisasi teknologi komputer saat ini banyak digunakan oleh perusahaan dan bahkan lembaga pendidikan. Pada lembaga pendidikan, teknologi dapat meningkatkan kualitas dari siswa. Salah satunya adalah dalam pelaksanaan ujian masuk. Ujian saringan masuk merupakan kegitan yang dilakukan oleh sekolah untuk menyeleksi calon siswa baru. Dalam  dunia pendidikan ujian dimaksudkan untuk mengukur taraf pencapaian suatu tujuan pengajaran oleh siswa sebagai peserta didik, sehingga siswa dapat mengetahui tingkat kemampuannya. Saat ini ujian saringan masuk pada SMA masih dilakukan dengan sistem ujian tertulis. Sistem ujian seperti ini tentunya memiliki kekurangan seperti pemborosan kertas dan dalam pelaksanaannya juga membutuhkan pengawasan yang ketat terhadap siswa yang melakukan kecurangan saat ujian, serta tenaga khusus untuk pengoreksian lembar jawaban dan membuat skor hasil tes ujian. Sistem ujian saringan masuk berbasis Android ini dapat memberikan solusi yaitu dengan memfasilitasi sekolah untuk melakukan koreksi dan pengawasan selama ujian, dan hasilnya efektif dan efisien dalam mengelola, mendistribusikan dan mengelola hasil data ujian. Aplikasi di bangun dengan menggunakan metode pengembangan aplikasi pemograman android dan aplikasi hybrid yaitu mengimplementasikan HTML,CSS, Javascript dan Java. dari hasil analisis pendapat terhadap aplikasi ujian saringan masuk berbasis android ini, responden dengan sangat suka sebanyak 5%, persentase tidak suka10%, persentasi sangat tidak suka sebanyak 7% dan responden suka  sebanyak 78%,  jadi Pada persentasi tertinggi terdapat pada pilihan suka sebanyak 78% sehingga bisa disimpulkan bahwa Aplikasi Ujian Saringan Masuk Berbasis android ini memenuhi tujuan dari di rancangnya aplikasi tersebut.

Article Details

How to Cite
[1]
E. Indra, A. L. Sitanggang, and M. H. Loi, “RANCANG BANGUN APLIKASI SISTEM UJIAN SARINGAN MASUK SMA BERBASIS ANDROID (Studi Kasus SMA Amir Hamzah Medan): Audina L Sitanggang, Mentari Hati Loi, Evta Indra”, JUSIKOM PRIMA, vol. 2, no. 2, pp. 8 - 16, Mar. 2019.
Section
Articles
Author Biography

Evta Indra, Universitas Prima Indonesia

Evta Indra
Scopus
Google Scholar
ORCID

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>