SIMULASI SISTEM ANTRIAN PEMESANAN MAKANAN PADA RUMAH MAKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MULTI CHANNEL MULTI QUEUE

Main Article Content

Windania Purba
Jimmy Rio Tinambunan
Intan Savira
Marlince NK Nababan
Siti Aisyah
N P Dharshinni

Abstract

Antrian adalah sekumpulan proses dan mekanisme di dalam suatu sistem yang berkaitan dengan urutan (prioritas) yang dilakukan oleh sistem. Pelaku-pelaku utama dalam sebuah situasi antriaan adalah pelanggan (customer) dan pelayan (server). Dalam model antrian, interaksi antara pelanggan dan pelayan adalah menarik hanya dalam hal kaitannya dengan periode waktu yang diperoleh pelanggan untuk menyelesaikan sebuah pelayanan. Proses antrian dapat diterapkan dengan menggunakan beberapa sistem, antara lain Multi Queue Multi Channel (MQMC). Sistem ini paling sering dijumpai dalam kehidupan sehari – hari. Proses antrian di kasir supermarket, loket karcis stasiun, tiket film, dan sebagainya merupakan beberapa contoh penerapan sistem MQMC. Di dalam sistem MQMC, terdapat beberapa channel yang melayani beberapa antrian pada waktu yang bersamaan. Sistem ini merupakan sistem yang memiliki efisiensi waktu antrian tertinggi dari beberapa sistem yang ada, sedangkan kelemahannya adalah sistem ini akan sangat memboros biaya untuk jumlah item yang relatif sedikit. Dengan melihat pertimbangan di atas peneliti tertarik untuk membuat penelitian tentang simulasi menggunakan MQMC, hasil yang didapatkan bahwa MQMC dapat digunakan untuk mengetahui efesiensi dari proses antrian yang selama ini terjadi di rumah makan.

Article Details

How to Cite
[1]
W. Purba, J. R. Tinambunan, I. Savira, M. N. Nababan, S. Aisyah, and N. P. Dharshinni, “SIMULASI SISTEM ANTRIAN PEMESANAN MAKANAN PADA RUMAH MAKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MULTI CHANNEL MULTI QUEUE”, JUSIKOM PRIMA, vol. 2, no. 2, pp. 25 - 30, Mar. 2019.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)